Jokowi Ingin Rumah Oksigen Gotong Royong Ada Tak Hanya di Jakarta

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Jokowi Ingin Rumah Oksigen Gotong Royong Ada Tak Hanya di Jakarta


JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Rumah Oksigen Gotong Royong untuk memastikan kesiapan fasilitas kesehatan yang diinisiasi oleh Kadin Indonesia, GoTo, PT Aneka Gas Industri (Samator Grup), yang juga didukung oleh PT Master Steel, Tripatra Engineering, serta Halodoc.

Rumah Oksigen tersebut berlokasi di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur. Tempat tersebut akan digunakan sebagai fasilitas isolasi dan perawatan bagi pasien Covid-19. Menurutnya, Rumah Oksigen Gotong Royong akan membantu mengurangi tekanan pada rumah sakit, terutama di beberapa provinsi yang memiliki tingkat keterisian tempat tidur cukup tinggi. Jokowi pun berharap inisiatif serupa bisa dilakukan di daerah lain.

“Saya sangat menghargai dan kita berharap ini tidak dibangun, dikerjakan di Jakarta saja, tetapi bisa di-copy di tempat-tempat lain, di provinsi-provinsi lain. Kita harapkan nanti ini segera bisa dioperasikan dan bisa dimanfaatkan oleh rakyat,” ujarnya dalam keterangannya, Sabtu (24/7).

Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid, mengapresiasi dukungan Presiden Jokowi terhadap pembangunan Rumah Oksigen Gotong Royong tersebut. Inisiatif serupa akan dilakukan di kota lain dalam upaya membantu wilayah yang membutuhkan tambahan fasilitas kesehatan untuk penanganan Covid-19.

“Ini adalah yang pertama, namun harapannya akan ada rumah oksigen lainnya. Selain di sini, nanti di Jawa Timur, di Jawa Tengah, dan lain-lain,” tuturnya.

Arsjad menyatakan, para pengusaha siap gugur gunung, bergotong-royong bersama pemerintah dan kelompok masyarakat lainnya. “Para pengusaha siap berjuang, bekerja sama, bergotong royong untuk memenangkan perang melawan pandemi,” imbuhnya.

Sebagai informasi, Rumah Oksigen Gotong Royong merupakan fasilitas kesehatan semi-permanen yang dilengkapi dengan peralatan suplai oksigen dan tempat tidur perawatan bagi pasien Covid-19 dengan gejala sedang. Fasilitas tersebut didirikan berdekatan dengan pabrik oksigen milik PT Aneka Gas Industri. Fasilitas yang direncanakan akan resmi beroperasi dalam waktu dekat itu, memiliki 500 tempat tidur perawatan.

CEO GoTo Andre Soelistyo menyebut, rumah oksigen di Pulogadung akan terdapat 500 tempat tidur. Masing-masing tempat tidur akan memiliki akses ke oksigen yang disuplai langsung dari pabrik gas yaitu Samator.

“Kenapa kita memilih site ini. Karena aksesnya langsung lewat pipa, dari pabrik oksigen langsung ke bed tersebut. Jadi dengan begitu akses suplai oksigen pun menjadi lebih tersedia,” ujarnya.

Hadirnya Rumah Oksigen Gotong Royong diharapkan bisa membantu masyarakat yang membutuhkan akses terhadap oksigen medis. Seperti harapan Jokowi, fasilitas kesehatan ini nantinya akan turut membantu meredakan tekanan rumah sakit dalam menangani pasien Covid-19. Para pasien Covid-19 bisa masuk dan dirawat di fasilitas tersebut, serta mendapatkan obat dan akses ke oksigen.


Jokowi Ingin Rumah Oksigen Gotong Royong Ada Tak Hanya di Jakarta