Malas Oper Gigi Mobil Matic Anda Akan Cepat Rusak

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Malas Oper Gigi Mobil Matic Anda Akan Cepat Rusak


JawaPos.com – Memilih mobil dengan transmisi matik tentunya banyak berbagai alasan diantaranya kepraktisannya tanpa perlu sering memindahkan tuas transmisi. Akan tetapi dengan kepraktisan ini terkadang pemilik mobil terlena dan malas mengubah posisi tuas transmisi.

Padahal, idealnya posisi tuas transmisi disesuaikan dengan kondisi jalan yang sedang dilalui, seperti tanjakan, turunan bahkan macet sekalipun.

Kondisi jalan menanjak

Mobil matik berisiko gagal nanjak saat transmisi matik memindahkan gigi ke rasio yang lebih berat. Ketika melewati tanjakan curam jangan biarkan tuas transmisi mobil matik di posisi D.

Karena perpindahan gigi yang dilakukan secara otomatis malah melemahkan kemampuan menanjaknya. Meskipun mobil matik bisa dengan mudah melewati tanjakan curam.

Bila posisi gigi tetap di D, saat gas diinjak melewati tanjakan curam, gigi akan otomatis berpindah. Kondisi tersebut yang membuat mobil akan kehilangan torsi dan gagal menanjak.

Akhirnya, muncul anggapan mobil matik tidak kuat menanjak. Padahal, tergantung dari posisi tuas transmisi mobil matik yang digunakan. Sedangkan kalau pakai ‘L’ atau ‘D1’, gigi akan terus ditahan di posisi paling rendah. Sehingga bisa dengan mudah mendorong mobil melewati tanjakan curam.

Kondisi jalan menurun

Banyak juga kasus mobil matik nyelonong saat melewati turunan. Karena banyak yang tidak memanfaatkan engine brake dan hanya mengandalkan rem saja. Pada transmisi mobil matik, engine brake biasanya ada pada low gear. Anda bisa pada posisi L, dan pada beberapa tipe matik ada yang di posisi 2.

Kondisi jalan macet

Saat macet, tak sedikit juga yang malas memindahkan posisi tuas ke N. Banyak yang lebih memilih menginjak rem saja sambil menunggu kendaraan yang di depan maju. Padahal kebiasaan tersebut dinilai cukup berbahaya dan berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Karena jika menekan pedal rem terlalu lama, berisiko tak sengaja terlepas, dan menabrak kendaraan di depan. Sebaiknya, pindahkan tuas transmisi ke posisi N saat sedang macet. Selain lebih aman, kaki Anda tidak cepat pegal.


Malas Oper Gigi Mobil Matic Anda Akan Cepat Rusak