Pemprov Jatim Pastikan Stok Oksigen Mencukupi

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pemprov Jatim Pastikan Stok Oksigen Mencukupi


JawaPos.com–Pemerintah Provinsi Jawa Timur memastikan stok oksigen mencukupi. Sebab masing-masing produsen oksigen di Jatim telah mengalokasikan persediaan hingga jauh hari ke depan.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak saat melakukan tinjauan ke salah satu pabrik produsen oksigen, PT Linde Indonesia Gresik Plant, di Kabupaten Gresik, Jatim, mengatakan, Pemprov Jatim juga telah memetakan sumber-sumber produsen oksigen. Selain itu, juga langsung melakukan pengecekan ke lokasi pabrik atau produsen guna memastikan ketersediaan oksigen yang mencukupi.

”Ya kami ke sini atas arahan Ibu Gubernur. Gubernur sudah mengunjungi dua pabrik oksigen di Gresik yaitu Air Product sama Samator, hari ini (12/7) beliau meninjau ketersediaan fasilitas di Madiun dan saya ditugasi untuk meninjau Linde Gresik,” ujar Emil seperti dilansir dari Antara pada Senin (12/7).

Emil mengatakan, produsen oksigen telah mengalokasikan sebanyak 75 ton untuk dua minggu serta menambahkan 50 ton per minggu dalam pemenuhan kebutuhan medis di Jawa Timur. ”Alhamdulillah atas dukungan dari BUMN, kemudian juga melalui PT Smelting, yang tadinya alokasi untuk industri, kini sebagian dialokasikan untuk kebutuhan medis, kami harapkan ini bisa menolong situasi sekarang,” ujar Emil.

General Manager PT Linde Indonesia Gresik Plant Agus Salim mengatakan, kunjungan pemerintah merupakan wujud apresiasi bagi PT Linde Indonesia Gresik Plant. ”Terima kasih atas kunjungannya Pak Wagub, ini apresiasi kepada kami semua, ini salah satu kebanggaan kami bisa mendukung kemanusiaan,” kata Agus.

Sementara itu Pemerintah Kota Kediri, berburu isi oksigen hingga luar daerah guna mencukupi kebutuhan oksigen untuk pasien terutama yang terpapar Covid-19. ”Forkopimda terus bergerak. Kapolres Kediri Kota, Dandim, juga harus mengeluarkan truk untuk antre oksigen di Gresik,” kata Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar.

Pihaknya sudah persiapan mengadakan rapat dengan vendor. Hal itu dilakukan karena kebutuhan pasokan oksigen sangat besar. Terlebih lagi, mereka yang terpapar Covid-19, kebutuhan oksigennya tinggi jika saturasinya rendah.

Kapolres Kediri Kota AKBP Wahyudi mengungkapkan dari pantauan yang dilakukan anggota untuk pasokan oksigen sementara aman. ”Jika ada informasi apapun, kami siap tindak lanjuti,” kata Kapolres Wahyudi.

Pekan lalu, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar dan forkopimda juga telah melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke perusahaan penyedia tabung oksigen, PT Samator serta toko obat guna memastikan stok tercukupi. Dari hasil sidak tersebut, ketersediaan oksigen untuk Kota Kediri masih aman. Kebutuhan oksigen yang sedang meningkat itu juga tidak mempengaruhi harga karena masih sama saat situasi normal.

Namun, karena lonjakan kenaikan kasus Covid-19 saat ini, perusahaan tersebut kewalahan dalam memenuhi kebutuhan oksigen di rumah sakit. Kebutuhan rumah sakit akan oksigen lebih banyak daripada sebelumnya.


Pemprov Jatim Pastikan Stok Oksigen Mencukupi