Rekor Penambahan Positif Covid-19 di Jember Capai 200 Kasus Sehari

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Rekor Penambahan Positif Covid-19 di Jember Capai 200 Kasus Sehari


JawaPos.com–Rekor baru penambahan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Jember, Jawa Timur, yakni mencapai 200 kasus dalam sehari pada Minggu (11/7). Hal tersebut merupakan tambahan tertinggi selama pandemi di Kabupaten Jember.

”Memang benar penambahan kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tertinggi selama pandemi dan semoga besok angkanya terus turun,” kata Bupati Jember Hendy Siswanto seperti dilansir dari Antara di Jember.

Menurut dia, Pemkab Jember sudah menyiapkan tenda darurat di RSD Soebandi dan RS Paru Jember. Bahkan sudah ada 10 ambulans desa yang siaga di halaman RSD Soebandi Jember.

”Kami juga meminta bantuan relawan tenaga kesehatan dari sekolah-sekolah perawat di Jember untuk membantu di sejumlah rumah sakit,” tutur Hendy Siswanto.

Sementara Kepala Diskominfo yang juga juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Jember Habib Salim mengatakan, berdasar data tercatat tambahan kasus positif baru pada 11 Juli mencapai 200 kasus. Tambahan pasien sembuh sebanyak 38 orang dan tambahan pasien meninggal sebanyak tiga orang.

”Sebagian besar kasus positif baru dari banyaknya pasien suspek yang masuk ke rumah sakit dan hasil tracing kasus positif sebelumnya. Namun, kami masih melakukan pendataan dari klaster apa yang mendominasi peningkatan itu,” terang Habib Salim.

Saat ditanya apakah varian baru delta sudah masuk di Jember, Habib mengatakan, dinas kesehatan masih menunggu hasil di laboratorium Unair terkait dengan penyebarannya yang cukup masif di Jember.

”Saya tidak bisa memastikan apakah varian baru delta sudah menyebar di Jember karena perlu dilakukan kajian yang mendalam, namun, kalau melihat tren peningkatan yang cukup masif kemungkinan sudah ada varian baru itu di Jember,” ujar Habib Salim.

Dengan tambahan tersebut, total pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 hingga Minggu (11/7) tercatat sebanyak 8.144 orang dengan kasus aktif mencapai 555 orang. Untuk pasien sembuh menjadi 7.017 orang dan sebanyak 572 pasien yang meninggal dunia.

”Dari 31 kecamatan di Jember, terdapat sembilan kecamatan zona merah. Yakni Kecamatan Umbulsari, Puger, Kaliwates, Sukowono, Arjasa, Ajung, Patrang, Tanggul, dan Jelbuk, sedangkan sisanya zona oranye,” papar Habib Salim.

Dia mengimbau masyarakat terus disiplin mematuhi protokol kesehatan 5M yakni menjaga jarak ketika berada di kerumunan orang, memakai masker ketika beraktivitas di luar rumah, rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun, menghindari aktivitas di kerumunan, dan mengurangi mobilitas.


Rekor Penambahan Positif Covid-19 di Jember Capai 200 Kasus Sehari