Banyak Varian Baru Covid-19, Cak Imin Minta Pintu Masuk RI Diperketat

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Banyak Varian Baru Covid-19, Cak Imin Minta Pintu Masuk RI Diperketat


JawaPos.com – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar menekankan pengawasan super ketat perlu dilakukan di setiap pintu masuk RI, baik di bandara, pelabuhan, maupun pintu masuk perbatasan. Hal ini terkait dengan peredaran varian baru virus Korona di Indonesia yang sebagian besar berasal dari luar negeri.

Beberapa varian Covid-19 dari luar negeri yang sudah masuk adalah varian Delta dari India, varian B.1.1.7 dari Inggris, dan teranyar varian Lambda yang disebut WHO sudah terdeteksi di 29 negara.

“Semua pintu masuk harus dijaga super ketat. Setiap yang masuk ke Indonesia harus betul-betul dicek hasil Swabnya dan karantina 14 hari wajib dioptimalkan,” ujar pria yang akrab disapa Cak Imin ini, Kamis (1/7).

Ketua Tim Pengawas Penanggulangan Bencana Covid-19 DPR RI ini mengusulkan pengetatan lebih optimal utamanya bagi WNA dan WNI yang tiba dari negara berpotensi tinggi tularkan Covid-19 varian baru.

“Kuncinya adalah pengawasan di setiap pintu masuk harus diperketat. Kita semua tentu saja tidak ingin tiba-tiba ada penularan lokal varian baru dari luar negeri, padahal nggak tahu kapan masuknya dan siapa yang bawa,” katanya.

Selain itu, Cak Imin juga mendesak pemerintah Indonesia lebih gesit mendeteksi varian baru virus Korona dari luar negeri. Terlebih ada beberapa varian yang disebut lebih cepat menyebar dan berpotensi membuat vaksin jenis tertentu tidak efektif.

Untuk mengoptimalkannya, Cak Imin meminta pemerintah Indonesia menambah jumlah laboratorium yang bisa melakukan whole genome sequencing (WGS) untuk mengetahui varian virus Covid-19.

“Sekarang ini di Indonesia baru ada 17 laboratorium yang bisa mendeteksi varian virus baru. Sudah waktunya itu ditambah biar deteksinya lebih cepat,” ungkapnya.


Banyak Varian Baru Covid-19, Cak Imin Minta Pintu Masuk RI Diperketat