Dandim Nagan Raya Sebut Tak Ada Anggota TNI Terlibat Penembakan Warga

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Dandim Nagan Raya Sebut Tak Ada Anggota TNI Terlibat Penembakan Warga


JawaPos.com–Komandan Kodim 0116 Nagan Raya, Aceh, Letkol Infanteri Guruh Tjahyono menegaskan, tidak ada satupun anggota TNI yang bertugas terlibat dalam kasus penembakan terhadap terhadap Davis Minasov, 37. Warga Kabupaten Nagan Raya, itu ditembak di lokasi perkebunan kelapa sawit milik CV KSM di Desa Pulo Ie, Kabupaten Nagan Raya, sehingga menyebabkan korban kritis pada pertengahan April.

”Bahwa berita yang berkembang di media massa yang menyatakan pelaku penembakan adalah oknum TNI, tidak benar,” kata Dandim Letkol Infanteri Guruh Tjahyono seperti dilansir dari Antara di Suka Makmue, Sabtu (17/7).

Menurut dia, berdasar proses penyelidikan yang dilakukan Satuan Reserse Kriminal Polres Nagan Raya, Detasemen Polisi Militer Iskandar Muda/2 Meulaboh, dan Staf Intel Korem 012 Teuku Umar, terhadap saksi-saksi, menyatakan tidak ada keterlibatan anggota TNI dalam kasus tersebut. Akibat pemberitaan yang menuding keterlibatan oknum TNI, Dandim menegaskan, pihaknya akan mempertimbangkan untuk melakukan upaya hukum.

Dandim menyatakan, akan menuntut balik terhadap pihak-pihak yang selama ini menuduh adanya keterlibatan personel TNI dari Kodim 0116 Nagan Raya. ”TNI dalam hal ini adalah instansi yang dirugikan,” ujar Dandim Guruh Tjahyono.

Dia juga menegaskan, pihaknya telah menyiapkan kuasa hukum melalui perwira hukum Korem 012 Teuku Umar, untuk melakukan upaya hukum akibat pencemaran nama baik yang selama ini dituduhkan kepada institusi TNI. Kasus itu akan diselesaikan secara hukum.

Sebelumnya, penyidik Satuan Reserse Kriminal Polres Nagan Raya Aceh menyerahkan Antonius Tarigan bin Lukas Tarigan, 27, warga Desa Raja, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam, Aceh, ke Kejaksaan Negeri Nagan Raya, setelah pemberkasan perkara tindak pidana penembakan dirampungkan penyidik.

”Tersangka Antonius Tarigan kita serahkan ke kejaksaan setelah berkas penyidikan dinyatakan lengkap oleh kejaksaan (P 21),” kata Kasatreskrim Polres Nagan Raya AKP Machfud di Suka Makmue, Selasa (13/7).


Dandim Nagan Raya Sebut Tak Ada Anggota TNI Terlibat Penembakan Warga