Gubernur Ridwan Kamil Sebut Tol Cisumdawu Rampung pada Akhir 2021

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Gubernur Ridwan Kamil Sebut Tol Cisumdawu Rampung pada Akhir 2021


JawaPos.com–Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, pembangunan infrastruktur jalan tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) yang menjadi penghubung Bandung dan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati akan selesai pada akhir 2021. Diharapkan penyelesaian jalan tol itu dapat meningkatkan kegiatan penumpang di Bandara Kertajati yang selama ini masih sepi dan belum tumbuh sesuai potensinya.

”Rencananya enam bulan lagi atau akhir tahun ini baru selesai,” kata Ridwan Kamil seperti dilansir dari Antara dalam acara virtual Investor Daily Summit 2022 dengan tema Peran Pemda Jawa Barat dalam Mewujudkan Infrastruktur Logistik yang Berdaya Saing dari Gedung Pakuan, Bandung, Selasa (13/7).

Gubernur memaparkan target penyelesaian proyek infrastruktur lain seperti kereta cepat Jakarta–Bandung yang bisa beroperasi pada akhir 2022. Menurut rencana, seluruh beton kereta cepat Jakarta-Bandung sudah tersambung sepenuhnya pada Januari 2022.

”Kalau tidak salah, akhir tahun depan atau pada Januari proyek kereta cepat Jakarta–Bandung akan tersambung betonnya. Kemudian relnya pada pertengahan tahun depan dan diharapkan mulai percobaan kereta pertama pada Oktober 2022,” kata Ridwan Kamil.

Menurut dia, kereta cepat itu akan menghadirkan pusat pertumbuhan ekonomi baru. Yakni di Kabupaten Karawang, Walini, dan juga Tegalluar di Kabupaten Bandung.

”Kalau tanpa ada kereta cepat tidak akan mungkin logika itu hadir, investor juga susah. Namun dengan kereta cepat akan lahir tiga kota baru, di Karawang, Walini, dan di daerah Tegalluar di daerah Kabupaten Bandung,” tutur Ridwan Kamil.

Untuk Pelabuhan Patimban Subang, lanjut dia, tahap satu sudah mulai bisa digunakan. Pelabuhan itu akan menjadi yang terbesar dan tercanggih di Indonesia. Jika seluruh pembangunan telah rampung 100 persen, kapasitasnya dua kali lipat dari Pelabuhan Tanjung Priok.

”Pelabuhan sudah beres tahap satu, proyek Kementerian Perhubungan itu sudah bisa dilihat. Jadi bisa sambil main ke Patimban melihat mobil-mobil masuk kapal raksasa yang diekspor ke Brunei,” ujar Ridwan Kamil.

Widyaiswara Utama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Danis Hidayat Sumadilaga menambahkan, pembangunan tol Cisumdawu akan menggenapkan panjang tol di Indonesia 5.103 kilometer pada 2024.

”Pada 2020–2024 di antaranya, terdapat 2.500 kilometer jalan tol baru atau yang beroperasi. Di antaranya di Jawa Barat. Tentunya ini memerlukan dukungan pembiayaan agar terjadi perputaran dari jalan tol yang sudah ada ke jalan tol yang baru,” papar Danis.


Gubernur Ridwan Kamil Sebut Tol Cisumdawu Rampung pada Akhir 2021