Jawa Pos, Satu dari 8 Media Asia yang Meliput Langsung Final NBA 2021

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Jawa Pos, Satu dari 8 Media Asia yang Meliput Langsung Final NBA 2021


JawaPos.com-Nyaris saja Jawa Pos gagal mendapatkan akreditasi untuk meliput NBA Finals 2021. Permohonan akreditasi sudah sempat ditolak.

Namun, pada H-1, pihak NBA tetiba mengabarkan bahwa Jawa Pos menjadi satu di antara hanya delapan media dari Asia yang mendapat jatah liputan di laga puncak tersebut. Itu pun hanya untuk game pertama dan kedua.

Dalam 36 jam, kontributor Jawa Pos mempersiapkan segalanya dan terbang menuju Phoenix, Arizona. Jawa Pos tiba di Phoenix Suns Arena tepat satu jam sebelum pertandingan dimulai.

Sempat kaget karena dari nama-nama wartawan yang tertera di kursi, tidak ada Jawa Pos di list tersebut. Itu mungkin terjadi karena credential Jawa Pos baru disetujui kurang dari 40 jam sebelum pertandingan game pertama NBA Finals digelar. Semuanya serba dadakan.

Pada game pertama kemarin (7/7) WIB, semua perhatian tertuju pada kembalinya superstar Bucks Giannis Antetokounmpo setelah mengalami cedera lutut kiri.

Padahal, sehari sebelum laga final, Mike Budenholzer, head coach Bucks, masih ragu Antetokounmpo bisa tampil atau tidak. Sayang, kembalinya Greek Freak, julukan Antetokounmpo, belum mampu membawa timnya untuk mengatasi gempuran tim tuan rumah. Mereka menelan kekalahan 105-118.

Bintang Milwaukee Bucks Giannis Antetokounmpo saat beraksi melawan Phoenix Suns. (Nathaniel S. Butler / NBAE / Getty Images / Getty Images via AFP)

Pemain veteran Suns, Chris Paul, jadi pembeda dalam laga tersebut. Dia mencetak 32 poin dan 9 assist. Aksi brilian Paul terjadi di kuarter ketiga. Saat itu dia mencetak 16 poin untuk mengantar Suns unggul double-digit.

Duo pemain muda Suns Devin Booker dan Deandre Ayton juga tidak kalah moncernya. Booker mencetak 27 poin. Beberapa poin dihasilkan dari posisi tembak yang level kesulitannya sangat tinggi.

Sementara itu, Ayton mencetak 22 poin dan 19 rebound. Selain aksi big three di skuad Suns tersebut, small forward Suns Cameron Johnson juga tampil sebagai unsung hero. Johnson yang datang dari bangku cadangan bermain solid lewat kemampuannya bertahan dan menembak jitu. Dia menyumbang 10 poin.

Akurasi free throw pemain-pemain Suns juga menjadi kunci sukses mereka di game pembuka. Mereka melesakkan 25 dari 26 kesempatan tembakan bebas sekaligus mengonversinya menjadi angka. Nyaris sempurna. Seusai pertandingan, fans Suns yang memadati stadion dengan percaya diri meneriakkan, ”Suns in four!”.

Namun, bila dilihat dari permainan Suns di game pertama, memang bukan tidak mungkin jika tim favorit mereka itu akan mampu mengatasi perlawanan Bucks di empat game dalam format final best of seven.

Antetokounmpo yang absen di tiga game terakhir final wilayah timur melawan Atlanta Hawks sebenarnya tampil bagus. Dia menyumbang 20 poin dan 17 rebound. MVP NBA 2019 dan 2020 itu pun merasa baik dan siap berkontribusi lebih besar di game kedua besok.

”Saya merasa bugar. Siap membuat dampak yang lebih besar lagi (di game kedua, Red),” ucapnya setelah pertandingan.

Dari Bucks, Khris Middleton menjadi top skor dengan 29 poin. Middleton sempat membantu Bucks memperkecil ketinggalan timnya menjadi hanya tujuh poin di kuarter terakhir.

Sayang, selanjutnya Bucks melakukan beberapa turnover krusial yang membuat mereka gagal untuk memperkecil ketinggalannya lebih dekat lagi.

HASIL KEMARIN (7/7)
Bucks vs Suns 105-118
(Suns sementara unggul 1-0)

*Tuan rumah disebut terakhir
*Playoff menggunakan sistem best of seven


Jawa Pos, Satu dari 8 Media Asia yang Meliput Langsung Final NBA 2021