Ketua DPRD Surabaya Minta Pemkot Perkuat Kampung Tangguh

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Ketua DPRD Surabaya Minta Pemkot Perkuat Kampung Tangguh


JawaPos.com–Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono meminta pemkot memperkuat Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo. Hal itu dilakukan dengan melibatkan pengurus kampung dan warga sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

”Keterlibatan masyarakat adalah solusi tepat untuk melakukan tracing dan monitoring warga yang terpapar,” kata Adi Sutarwijono seperti dilansir dari Antara di Surabaya.

Menurut dia, pekan lalu, Komisi D Bidang Kesra dan Kesehatan DPRD Kota Surabaya telah menggelar rapat dengar pendapat secara virtual dengan mengundang epidemilog Windhu Purnomo dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga. Salah satu rekomendasi dari rapat tersebut adalah kebijakan untuk mengendalikan pendemi Covid-19 di Surabaya adalah memperbanyak 3T (testing, tracing, dan treatment), serta penegakan displin protokol kesehatan.

Testing, tracing, dan treatment untuk melokalisir warga yang terpapar Covid-19 dan tidak menulari yang lain. Terlebih yang tanpa gejala atau gejala ringan agar disiplin menjalani karantina sampai sembuh dan tidak keluar rumah,” kata Adi mengutip pernyataan Windhu Purnomo.

Adi mengatakan, cara efektif mencegah transmisi atau penularan virus adalah penegakan disiplin protokol kesehatan digencarkan. Mulai dari memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

”Bahkan, menghadapi varian baru delta yang ganas, mudah menular dan menyebar. Bahkan sekarang sudah banyak yang memakai masker dobel,” terang Adi Sutarwijono.

Untuk tracing dan penegakan disiplin prokes, kata dia, DPRD mendorong Pemkot Surabaya untuk melibatkan masyarakat dan pengurus kampung. Surabaya sudah punya Kampung Wani sebagai model dari kampung tangguh dengan melibatkan pengurus RT, RW, LPMK, serta tokoh dan warga masyarakat.

Untuk testing, kata Adi, DPRD Kota Surabaya mengapresiasi respons cepat Wali Kota Eri Cahyadi terhadap lamanya hasil tes usap PCR dari puskesmas-puskesmas dengan mengakomodasi tes cepat antigen sebagai petunjuk keadaan kesehatan seseorang.

”Hasil tes cepat antigen lebih cepat keluar. Kalau hasilnya positif, warga bisa mendapatkan obat-obatan dari puskesmas. Kemudian dilakukan monitoring dan pengawasan, serta bisa mendapatkan intervensi kebijakan dari pemkot,” ujar Adi Sutarwijono.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sebelumnya menyatakan, Satgas Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo mendapatkan insentif berupa uang senilai Rp 400 ribu atas kerja kerasnya dalam menangani kasus Covid-19 di masing-masing wilayah. Eri berterima kasih kepada seluruh satgas atas semangat yang tumbuh dalam menghidupkan kembali Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo yang telah berjuang demi menjaga kesehatan dan keselamatan warga.

”Dalam memutus penyebaran wabah dunia ini, sangat diperlukan peran masyarakat khususnya tingkat RT/RW,” ucap Eri.


Ketua DPRD Surabaya Minta Pemkot Perkuat Kampung Tangguh