Kisah Palsu Ibu Melahirkan 10 Anak Sekaligus

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Kisah Palsu Ibu Melahirkan 10 Anak Sekaligus


KABAR seorang ibu yang hamil 10 anak viral di media sosial. Di Indonesia, salah satu yang mengunggahnya adalah akun Facebook Dapur Bunda dengan menyertakan link sebuah blog. Dengan melahirkan 10 anak, ibu tersebut ingin memecahkan rekor dunia.

”Sudah Punya Anak Kembar, Wanita Ini Melahirkan 10 Bayi Lagi, Berharap Dapat Rekor Dunia,” begitu judul berita yang diunggah blog neooberita.blogspot.com. Lalu, akun Facebook Dapur Bunda membagikan ulang pada 8 Juli 2021 (bit.do/Lahir10Anak).

Dikisahkan bahwa wanita itu bernama Gosiame Thamara Sithole asal Afrika Selatan. Wanita tersebut mengklaim telah melahirkan 10 bayi kembar. Yakni, tujuh bayi laki-laki dan tiga perempuan melalui operasi Caesar di sebuah rumah sakit di Pretoria.

Sayang, dalam semua pemberitan tentang persalinan heboh itu, tidak ada yang memperlihatkan bayinya sama sekali. Malah ada beberapa media internasional yang membantah dan menyebut kehamilan tersebut adalah kebohongan semata. Misalnya, portal berita BBC yang mengulas kabar itu pada 23 Juni 2021 dengan judul South African 10 babies story not true, inquiry finds.

BBC menyebut tidak ada rumah sakit di Provinsi Gauteng, Afrika Selatan, yang memiliki catatan kelahiran decuplet atau 10 anak sekaligus. Pernyataan tersebut dikeluarkan oleh pemerintah provinsi setempat. Selain itu, tes medis juga menunjukkan Sithole belum hamil baru-baru ini. Perempuan 37 tahun tersebut sekarang ditahan di bawah undang-undang kesehatan mental untuk observasi.

Kisah persalinan 10 bayi kembar itu memang diceritakan sendiri oleh Sithole (yang memiliki anak kembar berusia enam tahun) dan suaminya, Teboho Tsotetsi, saat hadir di sebuah gereja. Lalu, kabar kelahiran 10 bayi tersebut diumumkan oleh Pretoria News pada 8 Juni, bersumber dari pernyataan Teboho Tsotetsi.

Ketika ditanya tentang foto 10 bayi, Tsotetsi mengaku tidak diizinkan pihak rumah sakit dengan alasan pembatasan Covid-19. Namun, cerita itu menimbulkan kecurigaan setelah Pretoria News gagal mengungkapkan rumah sakit tempat bayi-bayi tersebut dilahirkan. Apalagi serangkaian rumah sakit di Gauteng menyangkal telah membantu persalinan 10 bayi itu. Anda dapat membacanya di bit.do/RSMenyangkal.

Sementara itu, situs cek fakta asal India, dnaindia.com, menyebutkan bahwa Shitole saat ini dirawat di bangsal psikiatri karena menciptakan cerita palsu. Dia dijemput dari rumah kerabatnya di dekat Johannesburg pada 17 Juni dini hari. Selanjutnya, diserahkan ke pekerja sosial dan dibawa ke bangsal psikiatri Rumah Sakit Tembisa untuk penilaian kesehatan mental. Anda dapat membacanya di bit.do/DirawatPsikiatri.

Baca Juga: Makam Dijaga Ular Besar, Sering Disambangi ’’Prajurit Majapahit’’

FAKTA

Tidak ada rumah sakit di Provinsi Gauteng, Afrika Selatan, yang memiliki catatan kelahiran decuplet atau 10 anak sekaligus. Serangkaian tes medis malah menunjukkan Gosiame Thamara Sithole tidak hamil baru-baru ini.


Kisah Palsu Ibu Melahirkan 10 Anak Sekaligus