Masih Ada Kesempatan, Pendaftaran PMM Sampai 2 Juli Besok

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Masih Ada Kesempatan, Pendaftaran PMM Sampai 2 Juli Besok


JawaPos.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyampaikan masih terbuka peluang bagi mahasiswa yang ingin mendaftar sebagai peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM). Pendaftaran masih dibuka sampai 2 Juli besok.

Kuota PMM dipatok sebanyak 20 ribu mahasiswa. Pendaftaran program ini dilakukan secara online melalui website https://ift.tt/3wcWIN5. Ketua Subpokja Pertukaran Mahasiswa Merdeka Andi Ilham mengatakan program PMM terbuka bagi mahasiswa yang ingin merasakan pengalaman kuliah selama satu semester di kampus lain. Sehingga mahasiswa dapat merasakan suasana yang berbeda. ’’Program ini bertujuan untuk mendorong tumbuhnya semangat cinta tanah air melalui persahabatan antar generasi muda di berbagai wilayah Nusantara,’’ katanya Kamis (1/7).

Andi menjelaskan beberapa syarat yang harus dipenuhi mahasiswa untuk mengikuti program ini. Diantaranya adalah harus mahasiswa S1 non-vokasi, aktif pada semester 3, 5, dan 7 dari PTN – PTS di seluruh tanah air. Kemudian memiliki IPK minimal 2,75 poin atau memiliki pengalaman prestasi non-akademik tingkat daerah/nasional/ internasional. Pengalaman prestasi ini dibuktikan dengan dokumen yang sah.

Persyaratan berikutnya adalah memiliki kemampuan dan peluang untuk mengembangkan penalaran, wawasan, serta berintegritas, kreatif dan inovatif. Lalu tidak pernah dikenakan sanksi akademik dan non akademik pada perguruan tinggi pengirim. Pendaftar juga harus bersedia mentaati seluruh ketentuan tertulis pada buku POB (Pedoman Operasional Baku) Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka.

’’Serta mendapatkan rekomendasi dari PT asal dan izin orang tua/wali. Jika anda memiliki semua persyaratan ini ayo daftar sekarang,” tekannya.

Andi menjelaskan ada tiga skema yang dapat dipilih dalam program PMM itu. Pertama total 20 SKS dapat ditempuh seluruhnya di perguruan tinggi penerima dilaksanakan secara luring. Kedua, total 20 SKS dapat ditempuh dengan kombinasi. Dengan rincian beberapa mata kuliah (10 SKS) di perguruan tinggi penerima secara luring dan beberapa mata kuliah (10 SKS) di perguruan tinggi pengirim (asal) secara daring.

Skema yang ketiga adalah total 20 SKS dapat ditempuh dengan kombinasi lebih luas lagi. Yitu beberapa mata kuliah (10 SKS) di perguruan tinggi penerima secara luring. Kemudian beberapa mata kuliah (10 SKS) di perguruan tinggi mitra secara daring dan atau di perguruan tinggi pengirim (asal) secara daring.

Selain itu, mahasiswa juga akan mengikuti kegiatan Modul Nusantara yang setara dengan 2 sks dan dibimbing oleh dosen. Empat kegiatan pokok yang ada pada Modul Nusantara ini antara lain kebhinekaan (14 kegiatan), inspirasi (3 kegiatan), refleksi (7 kegiatan), dan kontribusi sosial (1 kegiatan).

’’Tantangan pendaftaran terbesar saat ini yaitu kekhawatiran mahasiswa untuk berpindah pulau di tengah kondisi pandemi saat ini,’’ katanya. Oleh karenanya, Kemendikbudristek menyiapkan beberapa skema atau alternatif supaya mahasiswa tetap bisa mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jadi bagi mahasiswa jangan risau. Yang paling penting ialah tetap patuhi protokol kesehatan yang berlaku.


Masih Ada Kesempatan, Pendaftaran PMM Sampai 2 Juli Besok