Memanaskan Mobil Terlalu Lama Adalah Mitos yang Salah

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Memanaskan Mobil Terlalu Lama Adalah Mitos yang Salah


JawaPos.com – Kebiasaan memanaskan mobil sebelum melakukan aktivitas di pagi hari pastinya sudah menjadi kebiasaan atau rutinitas. Bahkan tak jarang cara ini juga menyita waktu di saat kita buru-buru akan berangkat beraktivitas.

Pertanyaannya berapa lama waktu yang pas untuk melakukan memanaskan mesin mobil dan apa fungsinya? Sebenarnya fungsi dari memanaskan mesin mobil di pagi hari adalah untuk memberikan waktu untuk pelumas bersirkulasi di dalam mesin.

Seperti diketahui fungsi dari oli sebagai pelumas komponen dalam mesin. Bila kebiasaan memanaskan mesin mobil tidak dilakukan, komponen di dalam mesin bisa rusak karena pelumasan belum terjadi sempurna.

Akan tetapi sebetulnya memanaskan mesin mobil terlalu lama sudah tidak perlu lagi, ini akan membuat konsumsi bahan bakar. Berikut berikut penjelasannya:

Sebelum mengetahui perlukah memanaskan mesin mobil di pagi hari, ada hal yang perlu dipahami adalah mengenai jenis mesin yang dipasangkan pada mobil. Mesin mobil ada dua jenis yaitu mesin non-injeksi yang konvensional dan mesin injeksi yang biasanya ditanam pada mobil-mobil keluaran baru.

Mesin mobil non-injeksi atau sering disebut sebagai mesin konvensional merupakan mesin yang biasanya ada pada mobil keluaran lama. Pada mesin mobil non-injeksi, terdapat karburator yang berfungsi untuk mencampur udara dan bahan bakar pada mesin pembakaran dalam.

Faktanya, memanaskan mesin mobil non-injeksi atau konvensional hanya perlu waktu lima menit saja. Jika jarum indikator suhu mesin sudah berada di posisi tengah mobil siap untuk digunakan. Memanaskan mesin dalam waktu yang lama juga bisa membuat mesin kendaraan menjadi overheating.

Namun pada mesin injeksi, memanaskan mesin mobil bukanlah ritual yang wajib dilakukan karena sudah ada Electronic Control Unit atau kerap disebut dengan ECU yang mengatur pembakaran mesin. Penambahan ECU membuat mesin tidak membutuhkan suhu optimal kerja mesin yang biasanya dicapai dengan jalan memanaskan mesin mobil.

Jika masih ingin memanaskan mesin mobil, sebenarnya memanaskan mesin injeksi hanya perlu dilakukan selama 30 detik atau 1 menit saja. Lebih dari itu, sebenarnya hanya membuang bahan bakar saja.

Kesimpulannya, bagi Anda yang punya mobil dengan mesin injeksi, tak harus memanaskan mesin mobil terlalu lama. Berbeda dengan mesin konvensional atau non-injeksi yang harus terlebih dahulu dipanaskan agar pelumasan sempurna.

Dampak buruk jika Anda memanaskan mobil terlalu lama hanya mengakibatkan konsumsi bahan bakar semakin boros.


Memanaskan Mobil Terlalu Lama Adalah Mitos yang Salah