Mengenal Bahaya Mutasi Covid-19 Kappa, Masih Keluarga Delta dari India

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Mengenal Bahaya Mutasi Covid-19 Kappa, Masih Keluarga Delta dari India


JawaPos.com – Virus memang selalu bermutasi termasuk Covid-19. Varian Delta yang ditemukan di India pertama kali, saat ini menjadi mutasi yang paling menular dan ditakuti di dunia. Sementara, varian Beta telah mengikuti Alpha dan bergabung dengan Gamma dan Delta, sebagai Variants of Concern (VoC) yang dikonfirmasi oleh WHO. Kini ahli dunia hati-hati melacak penyebaran varian Delta, atau B.1.617.2, yang pertama kali diidentifikasi di India pada Oktober tahun lalu. Varian dari India tersebut dikhawatirkan menjadi varian Delta Plus.

Para ahli dalam beberapa hari terakhir mengatakan bahwa ada varian yang harus diwaspadai yang merupakan turunan dari varian Delta. Namanya Kappa. Kappa telah diberi label sebagai varian yang diinginkan (VoI) oleh WHO. Lalu ada juga varian Lambda yang banyak ditemukan di Amerika Utara.

Dilansir dari News18, Kamis (1/7), Kappa adalah varian yang terkait dengan garis keturunan mutasi B.1.617 yang juga memunculkan varian Delta. B.1.617 telah ditemukan membawa lebih dari selusin mutasi. Ada di antaranya menonjol: E484Q dan L452R. Itulah sebabnya varian ini juga disebut mutan ganda.

Tapi saat berevolusi, B.1.617 bercabang menjadi garis keturunan baru. Salah satunya, B.1.617.2 disebut Delta dan merupakan varian paling umum saat ini di India. Silsilah lainnya, B.1.617.1, disebut Kappa dan ditetapkan sebagai VoI oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada April tahun ini.

Menurut WHO, VoI adalah istilah jika virus itu telah diidentifikasi menyebabkan penularan komunitas/beberapa kasus/klaster Covid-19, atau telah terdeteksi di banyak negara. Kappa pertama kali terdeteksi di India dan lebih dari 3.500 dari hampir 30.000 sampel kumulatif yang dikirimkan oleh negara tersebut ke inisiatif GISAID, yang mengelola database global genom virus Korona baru. Dalam 60 hari terakhir, varian Kappa telah mencapai 3 persen dari semua sampel yang dikirimkan oleh India. India memimpin tabel GISAID untuk pengiriman sampel Kappa dan diikuti oleh Inggris, AS, Kanada, baru negara lain.

Lalu, apa itu Lambda? Bukan dari India. Varian C.37 yang lebih dikenal sebagai Lambda, namanya sesuai sebutan WHO berdasarkan huruf abjad Yunani, adalah VoI terbaru yang diidentifikasi oleh WHO. Ini pertama kali diidentifikasi di Peru pada Desember tahun lalu dan sejauh ini telah terdeteksi dalam sampel dari sekitar 26 negara yang dibagikan dengan GISAID. Jumlah sampel terbanyak yang diajukan adalah dari Cile diikuti oleh AS. Peru berada di urutan ketiga dalam daftar.

Namun, sejauh ini tidak ada sampel dari India yang memiliki varian Lambda. Varian Lambda milik garis keturunan B.1.1.1, yang telah diidentifikasi di 29 negara, termasuk di Amerika Utara dan Selatan, Eropa dan Oseania. WHO mengatakan bahwa varian ini memiliki banyak mutasi pada protein lonjakan, yang dapat berimplikasi pada betapa mudahnya virus menyebar di antara manusia.

Pejabat kesehatan di Inggris mengatakan bahwa Lambda terkait dengan gejala yang umum dengan sebagian besar varian lain dari virus Korona baru dan saat ini tidak ada bukti bahwa itu menyebabkan penyakit yang lebih parah atau membuat vaksin menjadi kurang efektif.

Delta Dominan di India

Menurut database yang dikelola oleh outbreak.info, dari total empat VoC yang ditunjuk WHO, tiga telah terdeteksi dalam sampel yang diisolasi di India. Yang paling umum adalah varian Delta, atau B.1.617.2, yang menyumbang 31 persen dari semua sampel yang dibagikan oleh negara dengan GISAID. Paling umum kedua adalah Kappa, yang merupakan 16 persen dari sampel yang dikirimkan. Diikuti oleh varian Alpha, dengan 13 persen dari total sampel terkait dengan varian ini.

Varian Beta, yang pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan pada Mei tahun lalu, hanya menyumbang 1 persen dari sampel dari India. Sementara Gamma, VoC keempat dan terakhir yang ditunjuk WHO, belum terdeteksi di India.

Dalam laman Times Of India, WHO pada bulan lalu mengumumkan bahwa varian B.1.617.1 dan B.1.617.2 dari Covid-19 pertama kali diidentifikasi di India. Masing-masing diberi nama Kappa dan Delta.

Jadi varian pertama yang menjadi perhatian, yang pertama kali muncul di Inggris dan dapat juga dikenal sebagai B.1.1.7, akan dikenal sebagai varian Alpha. Yang kedua, yang muncul di Afrika Selatan dan disebut sebagai B.1.351, akan dikenal sebagai varian Beta. Varian ketiga yang pertama kali muncul di Brasil akan disebut varian Gamma. Varian B.1.617, pertama kali ditemukan di India, dibagi menjadi sub-garis keturunan, varian B.1.617.1 menjadi Kappa. Varian B.1.617.2 disebut Delta.

“Tidak ada negara yang harus distigmatisasi karena mendeteksi dan melaporkan varian,” kata Pejabat WHO Maria Van Kerkhove

“Nama-nama Yunani ini tidak akan menggantikan nama ilmiah yang ada, tetapi ditujukan untuk membantu dalam diskusi publik,” imbuh Maria Van Kerkhove.


Mengenal Bahaya Mutasi Covid-19 Kappa, Masih Keluarga Delta dari India