Menilik Adu Penalti, Mana Lebih Hebat Yann Sommer atau Unai Simon?

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Menilik Adu Penalti, Mana Lebih Hebat Yann Sommer atau Unai Simon?


JawaPos.com-Kiper Swiss Yann Sommer banjir pujian pasca menggagalkan eksekusi penalti striker Prancis Kylian Mbappe di 16 besar Euro 2020. Banyak yang memprediksi skenario adu penalti antara Swiss versus Spanyol sangat mungkin terjadi malam nanti (2/7).

Seandainya terjadi, Sommer akan adu tangguh dengan kiper Spanyol Unai Simon. Berbeda nasib dengan Sommer, Simon malah panen kritik. Blunder kiper Athletic Bilbao itu saat menerima back pass rekannya, Pedri, dianggap salah satu yang terburuk selama pergelaran Euro 2020 ini.

Secara pengalaman, Sommer jauh mengungguli Simon yang belum pernah menghadapi adu penalti sepanjang kariernya bersama La Furia Roja. Bandingkan dengan Sommer yang sudah merasakan tiga kali laga yang ditentukan dengan babak tos-tosan.

Akan tetapi, Sommer sebenarnya justru lebih sering apes jika bertemu adu penalti. Dua laga selain kontra Prancis selalu kalah. Yakni, melawan Polandia pada perempat final Euro 2016 dan perebutan tempat ketiga UEFA Nations League A kontra Inggris (10/6/2019). Skor adu penalti dua laga itu juga identik, 5-6.

’’Ini (perempat final, Red) adalah sejarah bagi kami. Melampauinya tentu akan sangat membanggakan. Aku akan menelepon Robert De Niro untuk melihat apakah dia ingin bermain film denganku,” kata Sommer kepada ZDF setelah kemenangan melawan Prancis.

Sommer boleh pede lantaran baru saja menyingkirkan Les Bleus yang berstatus juara dunia. Namun, jika ditilik lebih jauh, kesuksesannya ketika menghadapi situasi tendangan penalti tidak terlalu impresif.

Selain dua kali gagal dari tiga adu penalti, dia sering gagal menggagalkan eksekusi penalti. Rasio kesuksesan menahan penalti hanya 23 persen. Yakni, 19 sukses dari 82 penalti yang dihadapinya di semua ajang bersama klub dan timnas.

Angka itu hanya unggul tipis atas rasio Simon yang memiliki rasio 21 persen. Angka tersebut didapat dari lima kali sukses menggagalkan penalti dari 23 kesempatan. Tetapi, Simon berusia delapan tahun lebih muda dari Sommer.

Bukan tidak mungkin momentum Simon bakal muncul malam ini dengan mengalahkan Sommer.

Untuk urusan open play, Simon juga unggul 100 persen atas Sommer. Sommer jebol delapan gol dalam empat laga di Euro kali ini. Bandingkan dengan Simon yang jebol empat gol dalam empat laga.


Menilik Adu Penalti, Mana Lebih Hebat Yann Sommer atau Unai Simon?