Penyintas Covid-19 Diimbau Ikut Donor Konvalesen

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Penyintas Covid-19 Diimbau Ikut Donor Konvalesen


JawaPos.com – Pemkot Jogja bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia Cabang Kota Jogja telah menyiapkan plasma konvalesen buat terapi penyembuhan pasien Covid-19. Terlebih saat ini permintaan donor plasma konvalesen juga meningkat.

Hal itu disampaikan, Wakil Wali Kota Jogja, yang juga Ketua PMI Kota Jogja, Heroe Poerwadi (HP) di Markas Palang Merah Indonesia Cabang Kota Yogyakarta, jalan Tegalgendu, Kotagede, Jogja pada kamis (15/7). “Plasma konvalesen adalah plasma yang diambil dari pasien yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19,” kata HP seperti dikutip Radar Jogja.

Lebih lanjut disampaikan, plasma adalah bagian dari darah yang mengandung antibodi. Pasien yang telah sembuh dari Covid-19 yang diharapkan telah memiliki antibodi (imun terhadap covid-19).

Melihat meningkatnya kasus Covid-19 di Kota Jogja dan tingginya angka kesembuhan, maka HP mengimbau pada warga masyarakat yang telah sembuh dari covid-19 atau penyitas untuk mendonorkan plasma darahnya guna membantu kesembuhan pasien covid-19.

“Silahkan datang ke kantor PMI Cabang Kota Jogja guna mendonorkan plasma konvalesennya yang akan kami kelola secara profesional dengan semangat kemanusiaan,” papar HP.

Dalam kesempatan tersebut Lilik Kurniawan selaku pengurus harian PMI Cabang Kota Jogja juga menyampaikan bahwa saat ini kebutuhan plasma konvalesen di Kota Jogja sangat tinggi bahkan bisa mencapai puluhan pemohon “Meningkatnya jumlah pemohon seiring dengan kenaikan jumlah kasus Covid-19 di Kota Jogja,” kata Lilik.

Data di PMI Kota Jogja, permintaan donor plasma konvalesen saat ini rata-rata dalam satu hari ini lebih dari 200 kantong. Sementara, pendonor yang berhasil diambil rata-rata sehari hanya sekitar 25 kantong. Pun, setiap harinya selalu ada waiting list surat permintaan dari rumah sakit yang menumpuk.

Menurut dia, tidak semua kebutuhan plasma konvalesen bisa dipenuhi oleh PMI. Hal ini dikarenakan jumlah stocknya masih terbatas, dari puluhan yang mendaftar untuk mendonor tidak semua bisa diambil plasma darahnya dikarenakan kondisi kesehatan pendonor yang tidak memenuhi syarat sebagai pendonor. “Mudah-mudahan besok akan lebih banyak pendonor yang datang ke PMI Cabang Kota Jogja agar kita bisa bersama saling berbagi, saling bersinergi dalam misi kemanusian melalui donor plasma konvalesen guna kesembuhan pasien Covid-19,” harap Lilik.

Ali, salah seorang putra dari pasien Covid-19 yang menerima sumbangan plasma konvalesen di markas PMI Kota Jogja, menuturkan rasa puasnya atas layanan PMI Cabang Kota Jogja.“Alhamdulillah, ibu saya, bisa memperoleh donor plasma darah konvalesen di markas PMI, setelah siang tadi kami ajukan surat permohonannya,” kata Ali.

Dalam penuturannya selanjutnya disampaikan rasa terima kasih dan salut atas jiwa kemanusiaan dan kepedulian PMI pada sesama tanpa memandang SARA yang langsung bekerja cepat dan tepat dalam menolong sesama.


Penyintas Covid-19 Diimbau Ikut Donor Konvalesen