Hoax Organ Tubuh Jenazah Covid-19 Tak Lengkap

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Hoax Organ Tubuh Jenazah Covid-19 Tak Lengkap


VIDEO dengan narasi organ tubuh pasien Covid-19 tak lagi lengkap menyebar di aplikasi percakapan beberapa hari terakhir. Video itu memperlihatkan seorang pria membuka pembungkus jenazah, kemudian mendapati bercak darah. Lalu, disebutkan bahwa organ mata jenazah tersebut telah diambil tanpa sepengetahuan keluarga.

”DIBILANG CORONA. SETELAH PETI DIBUKA, TERNYATA MATANYA DIAMBIL TANPA SEPENGETAHUAN KELUARGA. SUNGGUH MANUSIA BIADAB,” begitu keterangan yang menyertai video tersebut. Informasi yang sama diunggah akun Facebook Opik Sty pada 2 Juli 2021 (bit.do/OrganHilang).

Penelusuran jejak digital menunjukkan bahwa video itu sebenarnya sudah menyebar pada 2020 di YouTube. Tak sedikit pula media arus utama yang mengulasnya. Salah satunya, Jawa Pos Radar Bromo. Dalam berita yang diterbitkan pada 7 November 2020, Kepala Desa Alastengah, Probolinggo, Ansori menjelaskan, video tersebut direkam pada Kamis, 5 November 2020.

Saat itu, jenazah baru saja diturunkan dari ambulans, kemudian dibawa ke dalam musala. Lalu, pihak keluarga membuka peti dan kain kafan. Seketika terlihat darah membasahi kafan tersebut. Namun, Ansori membantah kabar bahwa organ mata jenazah itu hilang. ”Memang ada darah yang keluar dari matanya. Itu karena yang bersangkutan punya darah tinggi,” jelasnya.

Koordinator Penegakan Hukum (Gakkum) Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto mengatakan, sebelumnya jenazah yang dirawat di RSUD Mohamad Saleh Kota Probolinggo itu menderita stroke dan positif Covid-19. ”Korban terkonfirmasi positif saat meninggal. Tapi, sebelum positif, dia mengidap stroke hingga pendarahan. Sebelum meninggal, tensinya tinggi sehingga memecah pembuluh darah di otak,” katanya. Anda dapat membacanya di bit.do/StrokeTensiTinggi

Saat itu, Polres Probolinggo langsung bergerak untuk merespons kabar hoax tentang jenazah pasien Covid-19 yang matanya dicongkel. Sabtu pagi, 7 November 2020, tujuh orang diamankan dan dibawa ke Mapolres Probolinggo untuk dimintai keterangan. Mereka semua merupakan terduga penyebaran video hoax tersebut.

Sabtu siang (7/11), Polres Probolinggo merilis kasus tersebut ke media massa. Tujuh orang terduga yang diamankan pun diperlihatkan. Namun, status mereka masih sebagai saksi. ”Kasus ini akan kami kembangkan untuk mencari pelaku lainnya,” terang Kasatreskrim Polres Probolinggo AKP Riski Santoso. Anda dapat membacanya di bit.do/PelakuDiamankan.

Baca Juga: SE PPKM Darurat di Surabaya: Pendidikan Daring, Tempat Ibadah Tutup

FAKTA

Jenazah yang mengeluarkan darah itu memiliki riwayat stroke dan darah tinggi. Darah keluar karena pembuluh darah di otak pecah. Kedua matanya utuh.


Hoax Organ Tubuh Jenazah Covid-19 Tak Lengkap