Perlahan Penjualan Mobil Listrik di Indonesia Terus Meningkat

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Perlahan Penjualan Mobil Listrik di Indonesia Terus Meningkat


JawaPos.com – Rupanya program elektrifikasi di industri otomotif membuahkan hasil, dimana penjualan mobil berteknologi elektrik yang mempunyai beberapa model naik signifikan di Indonesia.

Seperti diketahui produsen otomotif di Indonesia menjual mobil berteknologi elektrik dengan varian Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Battery Electric Vhicle (BEV atau mobil listrik murni).

Sepanjang Januari hingga Juni tahun ini disebut meningkat pesat. Total penjualannya – menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) – mencapai 1.900 unit.

Menurut Yohannes Nangoi Ketua Umum Gaikindo, dalam acara webinar Investor Daily Summit, Rabu kemarin (14/7), trennya terus mobil dengan teknologi elektrik tumbuh dari tahun ke tahun.

“Selama semester pertama tahun ini (Januari sampai dengan Juni), penjualannya sebanyak 1.900 unit. Hybrid (HEV) terjual 1.378 unit, PHEV 34 unit, dan BEV terjual 488 unit,” ujarnya Yohannes Nangoi.

Jumlah penjualan selama enam bulan pertama tersebut, naik sangat signfikan dibanding periode sama di tahun lalu. Data yang dihimpun Gaikindo tercatat mulai Januari – Juni 2020 penjualan mobil elektrfikasi di Tanah Air masih sebanyak 1.234 unit.

“Pada saat itu mobil hybrid terjual 1.108 unit, PHEV 6 unit, dan BEV 120 unit,” kata Nangoi.

Angka ini naik signifikan bila dibanding penjualan selama kurun waktu yang sama di 2019. Pasalnya pada enam bulan pertama tahun tersebut, total penjualan mobil elektrifikasi sebanyak 705 unit.

Angka tersebut terdiri dari mobil hybrid (HEV) sebanyak 685 unit, PHEV sebanyak 20 unit, tetapi BEV masih nihil. Melihat catatan angka penjualan ini bisa dikatakan , tren penjualan dari waktu ke waktu di tahun yang berbeda terjadi di segmen pasar BEV.

Bila pada 2019 masih nihil, di enam bulan pertama 2020 telah menjadi 120 unit, di rentang waktu yang sama tahun 2021 berlipat menjadi 488 unit. Ini artinya peluang pasar mobil elektrik masih terbuka lebar untuk pasar Tanah Air.

Bila infrastruktur sudah dilengkapi diberbagai wilayah sangat dimungkinkan mobil dengan teknologi konvensional perlahan akan ditinggalkan.


Perlahan Penjualan Mobil Listrik di Indonesia Terus Meningkat