Monstera Variegata: Dulu Ratusan Ribu, Kini Ratusan Juta

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Monstera Variegata: Dulu Ratusan Ribu, Kini Ratusan Juta


JawaPos.com – ”Nggak nyangka.” Kata tersebut keluar pertama dari bibir Lina Dwi Jayanti. Betapa tidak, berawal dari hobi mengoleksi tanaman, dia mendapat keuntungan yang berlipat-lipat. Bahkan, greenhouse-nya sekarang dipenuhi ratusan tanaman berbagai jenis monstera variegata. Tak ayal, tanaman itu kini menjadi aset yang cukup fantastis.

Dia masih mengingat betul harga pertama monstera variegata yang dibelinya. Yakni, sekitar Rp 100 ribu. Itu pun sudah dapat ukuran besar.

Perjalanannya di bisnis tanaman memang cukup panjang. Bermula pada 2016. Saat itu dia menjaga stan bunga di Selecta milik orang tuanya. Karena ramah, Lina disenangi pelanggan. Bahkan diajak berbisnis bersama. Pertama, bisnis yang dia geluti adalah bunga petik. Jenisnya Holland hydrangea. Bisa dibilang tanpa modal. Sebab, dia membeli bunga dari petani setelah ada pembayaran dari konsumen. Setahun terakhir, penjualan bunga Holland hydrangea mengalami penurunan. ”Untungnya, dari bisnis itu sudah terkumpul banyak modal,” ucap Lina.

Akhir 2017, dia dikenalkan seorang teman tentang tanaman monstera variegata. Kata Lina, dulu harganya tidak seperti sekarang. Empat daun dijual cuma Rp 100 ribu. Belum setahun, harga monstera variegata sudah mulai naik. Namun, kenaikannya tidak signifikan. Hanya berkisar Rp 750 ribu untuk ukuran besar.

Karena hobi dan tertarik pada monstera variegata, Lina mulai mengoleksi monstera. Sekitar awal 2018, dia dan suaminya mulai mengembangbiakkan monstera. Tepatnya di greenhouse miliknya di Jalan Raya Sidomulyo, Kota Batu.

KOLEKSI ISTIMEWA: Monstera adansonii variegata atau kerap disebut janda bolong berukuran sekitar 3 sentimeter. (PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS)

Hingga sekarang, jumlahnya sudah ratusan. Lantai 2 greenhouse-nya kini dipenuhi monstera. Lina menjadikannya sebagai aset. Jika dulu hanya Rp 100 ribu, sekarang bisa mencapai puluhan atau ratusan juta rupiah.

Namun, apa yang dipajang Lina tidak semuanya untuk bisnis. Melainkan tentang hobi. Bahkan, dia rela merogoh kocek puluhan juta rupiah hanya demi bibit tanaman monstera. Salah satunya, jenis janda bolong variegata.

KOLEKSI ISTIMEWA: Monstera deliciosa variegata. Lina berburu bibit Monstera hingga ke Bogor. (PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS)

Lina berburu jenis monstera baru hingga ke Bogor, Jawa Barat. Di sana dia mendapatkan jenis langka. Yakni, monstera Adansonii variegate atau yang kerap disebut janda bolong. Baik yang berwarna kuning maupun putih. Ukurannya sekitar 3 sentimeter. Namun, daunnya sudah cantik. Terdapat corak khas variegata. Meski daunnya belum berlubang, harganya sangat wow. Yakni, sekitar Rp 35 juta yang berwarna kuning dan Rp 30 juta untuk yang berwarna putih. Mendapatkannya tidak mudah karena langka di pasaran.

Saksikan video menarik berikut ini:


Monstera Variegata: Dulu Ratusan Ribu, Kini Ratusan Juta