Ketahui Dosis Tepat Konsumsi Vitamin E Sesuai Umur

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Ketahui Dosis Tepat Konsumsi Vitamin E Sesuai Umur


JawaPos.com – Vitamin E merupakan salah satu nutrisi yang sangat esensial dan dibutuhkan oleh tubuh. Penelitian bahkan membuktikan bahwa vitamin E sebagai antioksidan, yang bermanfaat untuk membantu melindungi sel-sel tubuh. Termasuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Sebagai antioksidan, vitamin E dapat mencegah proses oksidasi oleh radikal bebas terhadap sel-sel kulit. Sehingga kulit kusam dan kasar bisa dihindari jika kebutuhan vitamin E dipenuhi dengan baik.

Vitamin E sendiri sebenarnya sudah terkandung di setiap lapisan kulit, yang bermanfaat menjaga kelembaban kulit. Sehingga mencegah agar tidak terjadi penguapan air yang berlebihan dari kulit.

Namun, dikatakan dr. Michael Reo Medical Manager PT Darya-Varia Laboratoria Tbk, untuk mendapatkan manfaat vitamin E secara maksimal, diperlukan vitamin E tambahan dari luar. Oleh sebab itu, asupan Vitamin E didapat dari mengkonsumsi beberapa jenis makanan.

Seperti makan bayam, sereal dengan kandungan nutrisi tambahan, telur, dan juga kacang-kacangan. Selain makanan, pemenuhan kebutuhan vitamin E juga bisa didapatkan dari suplemen.

Tambahan asupan Vitamin E dengan konsumsi suplemen merupakan hal yang sangat direkomendasikan oleh dunia medis. Suplemen Vitamin E yang berasal dari bahan alami (d-alpha-tocopherol). Seperti ekstrak biji gandum dan ekstrak biji bunga matahari, dua kali lebih baik diserap oleh tubuh dibandingkan Vitamin E yang sintetis (dl-alpha-tocopherol).

Penyerapan asupan Vitamin E alami ini bisa lebih nyaman dan efektif ketika dikonsumsi dalam bentuk kapsul lunak atau sering disebut soft capsule. Tentunya dengan dosis yang tepat dan harus memerhatikan usia.

Diungkapkan, dr. Michael Reo, ada aturan pakai atau dosis yang perlu diperhatikan saat mengosumsi vitamin E. Misalnya, vitamin E dengan dosis 100 IU (International Units) direkomendasikan untuk mereka yang memiliki masalah kulit. Seperti kulit kusam, berjerawat yang biasanya dialami pada usia di bawah 25 tahun.

“Dosis bisa ditingkatkan lagi apabila kondisi kulit agak kering,” ujarnya.

Sementara itu, untuk mereka yang memiliki kulit yang mudah kering dianjurkan untuk mengkonsumsi Vitamin E dengan dosis 300 IU per-harinya. Kondisi kulit seperti ini biasanya dialami pada usia di atas 25 tahun.

“Rekomendasi Dosis tersebut masih di bawah dosis maksimal Vitamin E per-hari, yaitu 400 IU yang merupakan dosis maksimal Vitamin E per-hari yang ditetapkan Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia, sehingga dipastikan aman untuk penggunaan jangka panjang,” sambungnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

 


Ketahui Dosis Tepat Konsumsi Vitamin E Sesuai Umur