Epson Hadirkan Solusi Pembelajaran Jarak Jauh Interaktif

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Epson Hadirkan Solusi Pembelajaran Jarak Jauh Interaktif


JawaPos.com – Berbagai tantangan dihadapi guru dan dosen pada saat melaksanakan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. Diantaranya, konsentrasi siswa pada saat pembelajaran jarak jauh (PJJ) berkurang karena proses kegiatan belajar mengajar cenderung satu arah, sementara siswa cenderung hanya mendengarkan saja.

Kesempatan bertanya dan berinteraksi tidak banyak terjadi layaknya belajar di ruang kelas. Siswa kehilangan kesempatan untuk mengerjakan sesuatu di papan tulis seperti yang biasanya dilakukan pada kegiatan belajar mengajar sehari hari di sekolah. Hambatan teknologi juga bisa menjadi satu kendala dalam kegiatan PJJ ini.

Berangkat dari kondisi tersebut, Epson sebagai salah satu perusahaan teknologi IT Hardware memiliki komitmen secara terus menerus mendukung dunia pendidikan. Yakni, melalui berbagai produk dan inovasi mencoba menyediakan solusi pembelajaran jarak jauh dua arah yang lebih interaktif dan atraktif melalui teknologi proyektor interaktif ultra short throw.

Pada skenario PJJ online, guru di sekolah dapat mengajar menggunakan proyektor interaktif EB-1485Fi dengan memanfaatkan aplikasi Easy Interactive Tools yang sudah disediakan oleh Epson dan terhubung dengan aplikasi video conference melalui laptop.

Sistem pembelajaran akan berlangsung secara interaktif atau dua arah, dimana pada saat guru menjelaskan didepan kelas pada bidang proyeksi siswa dapat melihat dan merespon pada saat yang sama. Koneksi proyektor Interaktif EB-1485Fi tersedia dengan pilihan menggunakan kabel HDMI maupun menggunakan koneksi nirkabel (iProjection/miracast).

Selain itu, Epson juga memiliki perangkat tambahan atau disebut Epson Document Camera ELPDC21 yang berfungsi sebagai kamera untuk menampilkan mendokumentasikan pada saat guru memberikan materi dan dapat dikirimkan langsung melalui surel atau dicetak dengan printer multi fungsi Epson WF-C579R.

Skenario kedua adalah pembelajaran tatap muka dengan protokol Covid-19. Jaga jarak akan memberikan efek pembatasan jumlah siswa didalam setiap kelas. Epson EB-1485Fi memiliki fitur Screen Sharing yaitu dua buat proyektor terhubung melalui jaringan LAN sehingga proyektor dapat menampilkan materi yang sama di kedua proyektor pada saat yang bersamaan sehingga guru atau dosen dapat mengajar untuk jumlah siswa yang sama di satu waktu tapi pada dua ruangan yang terpisah.

Saksikan video menarik berikut ini:


Epson Hadirkan Solusi Pembelajaran Jarak Jauh Interaktif