77 Ribu Warga Terjaring Operasi Yustisi di Jakarta

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

77 Ribu Warga Terjaring Operasi Yustisi di Jakarta


JawaPos.com – Pelanggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta masih saja ditemukan hingga Operasi Yustisi memasuki hari ke-13. Total ada 77 ribu lebih pelanggar yang diberikan tindakan oleh petugas.

“Laporan hasil akumulatif Operasi Yustisi Polda Metro Jaya dan jajaran sejak tanggal 14 sampai 26 september sebanyak 77.041 pelanggar disanksi,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan, Senin (28/9).

Yusri mengatakan, dari jumlah tersebut, sebagian pelanggar memilih menjalankan sanksi sosial, berupa membersihkan fasilitas umum. Sebagian lagi memilih membayar denda administrasi agar tidak menjalankan sanksi sosial.

“Untuk sanksi sosial itu sebanyak 23.331 orang yang kita lakukan sanksi sosial baik itu dengan menyapu dan beberapa tindakan yang dilakukan oleh petugas di lapangan karena itu merupakan teman-teman Satpol PP karena merupakan dasarnya Pergub nomor 79 tahun 2020,” jelasnya.

Dalam periode 13 hari ini, petugas setidaknya sudah mengumpulkan uang hasil denda administrasi senilai Rp 282.520.000.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan menarik PSBB masa transisi. PSBB akan dikembalikan layaknya saat pertama kali diterapkan dengan sistem pembatasan secara ketat. Keputusan ini tak lepas dari kondisi Covid-19 di Jakarta yang masih terus meninggi. Sampai dengan Rabu (9/9), kasus konfirmas positif di Jakarta berjumlah 49.837. Dengan rata-rata penambahan setiap hari sekitar seribu kasus dalam 2 pekan terakhir.

“Situasi wabah di Jakarta ada dalam kondisi darurat. Maka dengan kedaruratan ini tidak banyak pilihan bagi Jakarta kecuali menarik rem darurat sesegera mungkin,” kata Anies di Balai Kota Jakarta.

Selain jumlah kasus positif yang terus melonjak, pertimbangan PSBB kembali diketatkan yakni karena angka kematian dalam 2 pekan terakhir juga ikut meningkat. Selain itu, ketersediaan ruang ICU untuk pasien Covid-19 juga terus menipis.

Saksikan video menarik berikut ini:


77 Ribu Warga Terjaring Operasi Yustisi di Jakarta