RS Darmo Tangani Pasien secara Komprehensif dan Holistik

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

RS Darmo Tangani Pasien secara Komprehensif dan Holistik


JawaPos.com – Nyeri perut dapat disebabkan oleh berbagai hal. Letak nyeri perut menjadi arah dalam menunjukkan adanya masalah di dalam organ perut.

Menurut Dokter Spesialis Bedah Digestif dr Edwin Danardono SpB KBD, nyeri perut patut diwaspadai. Masyarakat sering menganggap nyeri perut sekadar sakit lambung atau maag. Padahal, keluhan tersebut bisa jadi merupakan manifestasi bermacam penyakit.

Begitu pula dengan benjolan atau massa di perut yang bisa berupa benjolan jinak atau pun ganas. ’’Apabila benjolan ganas, tentunya kami harus lebih detail dalam melakukan diagnosa dan penanganan. Selain itu, tidak bisa hanya ditangani oleh satu dokter spesialis. Harus bekerja sama dengan tim dokter spesialis yang lain seperti spesialis radiologi, penyakit dalam, dan anestesi,’’ jelas dr Edwin.

Untuk menangani keluhan tersebut, Rumah Sakit Darmo Surabaya telah menyediakan fasilitas yang sudah lengkap dalam penanganan keluhan pada perut, mulai layanan darurat, rawat jalan, radiologi, ruang ICU, hingga ruang operasi dengan standar internasional. RS Darmo memiliki tim yang berusaha menangani pasien secara komprehensif dan holistik. Hal itu dilakukan untuk mengetahui diagnosis yang baik serta penanganan yang paling tepat, efektif, dan efisien. Semua kebutuhan pasien juga dapat tertangani dengan baik hingga sembuh.

Untuk penanganan kasus nyeri dan benjolan perut, RS Darmo memiliki beberapa spesialisasi yang dapat menunjang penanganan kasus tersebut, antara lain, dokter spesialis bedah digestif, dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroenterohepatologi, dokter spesialis radiologi, dan dokter spesialis obstetri ginekologi. Selain itu, terdapat sarana prasarana penunjang seperti foto atau pemeriksaan imaging radiologis, pemeriksaan laboratorium dan patologi klinik, serta kamar operasi.

Gedung di RS Darmo juga terpisah satu dengan lainnya oleh taman. Hal itu membuat RS Darmo relatif lebih aman karena pembagian area atau zona yang lebih baik dan adanya sirkulasi udara yang terjamin di setiap ruangan rumah sakit untuk menghindari potensi penularan Covid-19.

Periksa Sesegera Mungkin sejak Terjadi Keluhan di Awal
Dr Edwin menyampaikan, sebaiknya masyarakat menjalani pemeriksaan sesegera mungkin jika terjadi keluhan di awal. Tersedia IGD yang buka setiap hari selama 24 jam untuk melayani masyarakat.

Benjolan di perut dapat dialami siapa saja, mulai balita hingga geriatri. Gangguannya pun berbeda-beda sesuai dengan usia. Misalnya, pada anak-anak, benjolan tersebut dapat berhubungan dengan kelainan bawaan. Sedangkan pada orang dewasa, penyebab benjolan di perut dapat saja merupakan proses yang baru terjadi.

’’Apabila teraba ada benjolan di perut, sebaiknya segera diperiksakan dan harus diingat benjolan tersebut muncul sejak kapan. Apakah benjolannya hilang timbul, apakah terasa nyeri, benjolannya makin besar atau tidak, dan posisinya berubah-ubah atau tetap di satu posisi,’’ kata dr Edwin.

Penanganannya, lanjut dr Edwin, mulai pemeriksaan fisik, pemeriksaan foto rontgen/radiologis, hingga tes laboratorium. Setelah itu, baru dapat ditentukan benjolan tersebut jinak atau ganas. Terapinya menyesuaikan dengan hasil pemeriksaan. Apabila benjolan jinak dan penyebabnya adalah infeksi, bisa dilakukan rawat jalan dan konsumsi obat-obatan. Namun, jika benjolan membesar atau ada kecurigaan lain, mungkin dokter akan menyarankan tindakan operasi.

Sementara itu, nyeri perut dapat dipicu oleh beberapa hal. Nyeri yang dirasakan di area ulu hati atau perut atas dapat disebabkan oleh makanan atau asam lambung meningkat karena pola makan tidak teratur serta makanan yang meningkatkan keasaman di lambung atau memicu iritasi lambung. Lain halnya dengan nyeri perut sisi bawah yang dapat disebabkan oleh peradangan di usus besar.

Nyeri perut yang perlu diwaspadai dan harus segera mendapatkan penanganan medis adalah nyeri akut abdomen. Yakni, nyeri perut mendadak hingga seseorang tidak bisa melakukan aktivitas normal mandiri seperti tidak bisa bangun sendiri dan tidak bisa makan sendiri.

Dr Edwin menambahkan, risiko masalah kesehatan tersebut dapat diminimalkan dengan penerapan gaya hidup dan pola pikir yang sehat. Hal-hal yang tidak normal di dalam tubuh tidak boleh disepelekan. Sebaiknya, segera datang ke fasilitas kesehatan agar masalah nyeri dan benjolan di perut dapat terdeteksi lebih dini sehingga tidak sampai terjadi keadaan yang lebih berat.

Tip Hidup Sehat:
– Terapkan gaya hidup dan pola pikir sehat
– Konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang
– Selalu positive thinking
– Ikuti instruksi dokter
– Hindari mudah percaya berita di medsos yang belum tentu benar

INFORMASI
Layanan appointment dan telekonsultasi
☎️ 031-5676253 ext 269 (pendaftaran langsung)
WA: 089 6300 98900

STAY SAFE AND HEALTHY!
RS DARMO
Jl Raya Darmo No 90, Surabaya
Website: www.rsdarmo.co.id
IG: @rsdarmo.surabaya


RS Darmo Tangani Pasien secara Komprehensif dan Holistik