Sempat Putus, Jalan Poros Majene-Mamuju Sudah Dapat Dilintasi

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Sempat Putus, Jalan Poros Majene-Mamuju Sudah Dapat Dilintasi


JawaPos.com – Gempa yang mengguncang Kabupaten Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) tidak hanya mengakibatkan korban jiwa dan kerusakan material, tapi juga memperburuk akses jalan.

Jalan poros Majene-Mamuju sempat terputus karena adanya reruntuhan material longsor, akibat dari gempa beberapa hari lalu. Senin (18/1), jalan tersebut sudah bisa dilintasi lagi.

“Tim gabungan berhasil membuka kembali akses tersebut dengan bantuan alat berat,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati dalam keterangan persnya, Senin malam (18/1).

Adapun jalan yang tertutup material longsor tersebut terdapat di Dusun Belalang, Desa Onang Utara, Kecamatan Tubo Sendana, Kabupaten Majene. Jalan itu tidak bisa dilintasi karena pada Senin pagi (18/1), pukul 05.22 wita, terjadi longsor.

Sementara masyarakat Majene dan Mamuju sedang berduka karena dua wilayah baru saja diguncang gempa pada Kamis (14/1) dan Jumat dini hari (15/1). Akibat gempa banyak objek vital yang hancur. Contohnya kantor gubernur Sulbar, korban jiwa tidak sedikit.

SUDAH BISA DILINTASI: Jalan poros Majene-Mamuju, Sulbar sudah bisa dlintasi, Senin (18/1), setelah dibersihkan petugas dengan alat berat.(BNPB)

Pascagempa itu, para relawan dan petugas banyak mengakses jalan poros untuk mendistribusikan bantuan. Dengan adanya longsor tersebut, aktivitas warga, dan petugas terganggu. Terutama dalam mendistribukan bantuan dan memberikan pertolongan.

Baca juga: Pemprov Sulbar Tetapkan Darurat Bencana Dua Pekan

Sebab jalan poros itu memiliki peran sentral. Jalan itu sebagai jalur utama untuk aktivitas masyakarat maupun respons darurat kepada warga terdampak gempa.

Namun berkat kerja keras Sertu Dahlan, Babinsa dari Kodim 1401/Majene Koramil 03 Sendana, material longsor berupa batu besar yang menutup jalan poros Majene-Mamuju dapat dibersihkan. Pembersihan itu dilakukan menggunakan bantuan alat berat yang dioperasikan Sertu Dahlan.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 


Sempat Putus, Jalan Poros Majene-Mamuju Sudah Dapat Dilintasi