Ada 5 Mobil Buntuti Habib Rizieq, 2 Bukan Milik Polisi

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Ada 5 Mobil Buntuti Habib Rizieq, 2 Bukan Milik Polisi


JawaPos.com – Ketua Tim Penyelidikan dan Pemantauan Komnas HAM, Choirul Anam mengungkapkan ada lima mobil yang terlibat aktif melakukan pembuntutan rombongan Habib Rizieq Shihab. Pembuntutan itu dilakukan mulai dari kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Dari lima mobil itu, dua mobil yakni Avanza hitam B 1739 PWQ dan Avanza silver B 1278 KJD, diungkapkan Anam, tidak diakui pihak Polda Metro Jaya sebagai bagian dari tim lapangan yang bertugas melakukan pembuntutan.

“Bahwa benar kendaraan jenis Avanza Silver K 9143EL, Xenia B 1519 UTI dan B 1542POI serta Land Cruiser diakui sebagai kendaraan petugas polisi yang pada tanggal kejadian sedang melakukan pembuntutan terhadap MRS,” kata Anam saat menyampaikan hasil investigasi di kantor Komnas HAM, Jakarta, Jumat (8/1).

Sedangkan untuk kendaraan jenis Avanza hitam B 1739PWQ dan Avanza silver B 1278 KJD yang menurut keterangan saksi dan hasil identifikasi rekaman CCTV serta analisis rekaman percakapan terlibat aktif dalam pembuntutan terhadap rombongan Rizieq Shihab.

“Tidak diakui sebagai mobil milik petugas Polda Metro Jaya yang sedang melaksanakan tugas pembuntutan tersebut,” tambahnya seperti dikutip Radar Tegal (Jawa Pos Group).

Bahwa dua mobil tersebut, kata Anam, ikut membuntuti dua mobil laskar FPI Avanza silver dan Chevrolet Spin saat mereka melewati Jalan Raya Klari, Jalan Raya Pantura (Surotokunto) Jalan Ahmad Yani, Jalan Tarumanegara, Jalan Internasional Karawang Barat, hingga kembali masuk melalui gerbang Tol Karawang Barat. Adegan ini ketika dua mobil FPI berusaha mengecoh petugas agar tidak mendekat ke mobil yang ditumpangi oleh Habib Rizieq Shihab.

Untuk itu, kata Anam, Komnas HAM juga merekomendasikan agar pihak terkait mendalami dan melakukan penegakan hukum terhadap orang-orang yang terdapat dalam dua mobil Avanza hitam B 1739PWQ dan Avanza silver B 1278 KJD.


Ada 5 Mobil Buntuti Habib Rizieq, 2 Bukan Milik Polisi