Ekowisata Jembatan Roller Coaster Banjarmasin Ditutup hingga Maret

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Ekowisata Jembatan Roller Coaster Banjarmasin Ditutup hingga Maret


JawaPos.com–Ekowisata jembatan Antasan Pulau Bromo di Mantuil, Banjarmasin Selatan, Kalimantan Selatan, yang menjadi viral karena memiliki desain seperti roller coaster ditutup hingga Maret. Penutupan ekowisata tersebut, mengantisipasi membludaknya pengunjung pada masa pandemi Covid-19.

”Sampai Maret ditutup. Kita lebih mengutamakan dan menekan kepada fungsi jembatannya untuk menghubungkan antara penduduk di Pulau Bromo ke Mantuil,” beber Ketua Tim Khusus Pengelola Kawasan Jembatan Antasan Pulau Bromo Doyo Pudjadi seperti dilansir dari Antara di Banjarmasin.

Menurut Doyo, hingga Maret, pihaknya dengan semua jajaran tim khusus akan terus melakukan evaluasi rutin setiap bulan dengan mengacu pada perkembangan di lokasi kawasan Jembatan Antasan Pulau Bromo terkait kedatangan pengunjung di luar warga setempat.

”Maka sampai Maret juga pintu utama akan kita tutup dan akan dilakukan evaluasi setiap bulan. Bahkan dari pintu masuk di Mantuil akan didirikan pos dan akan diberi pemberitahuan bahwa jembatan ditutup untuk kepentingan wisata,” tutur Doyo Pudjadi.

Jembatan Antasan Pulau Bromo Mantuil yang dibangun dengan anggaran sekitar Rp 40 miliar tersebut bertipe jembatan gantung, lebarnya hanya 2,15 meter dengan panjang bentang utama 100 meter. Jembatan yang mulai dibangun pada Juli 2020 tersebut tingginya sekitar 15 meter dari permukaan air sungai. Jalan naik dan turunnya dibuat berputar seperti lingkaran, disebutkan seperti permainan pemacu adrenalin, roller coaster.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin Ikhsan Al-Haq mengakui, jembatan Antasan Pulau Bromo menjadi ikon wisata terbaru di Kota Banjarmasin. ”Satu-satunya jadi kawasan ekowisata di Banjarmasin,” tutur Ikhsan Al-Haq.

Namun harus tetap disadari, jembatan tersebut adalah untuk infrastruktur jalan bagi akses masyarakat di daerah itu, bukan jembatan wisata. Hanya pemandangan jembatan dan fasilitas ruang terbuka hijaunya yang menjadi objek wisata.

“Karena saat ini masih pandemi Covid-19, jadi kita minta masyarakat bersabar, sebab dikhawatirkan akan menjadi penularan di sana,” ujar Ikhsan Al-Haq.

Saksikan video menarik berikut ini:


Ekowisata Jembatan Roller Coaster Banjarmasin Ditutup hingga Maret