Kemendikbud Salurkan PIP hingga Afirmasi Pendidikan Tinggi Maret 2021

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Kemendikbud Salurkan PIP hingga Afirmasi Pendidikan Tinggi Maret 2021


JawaPos.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah menyiapkan penyaluran Program Indonesia Pintar (PIP), Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K) sampai dengan afirmasi pendidikan tinggi. Rencananya program tersebut mulai disalurkan pada Maret 2021.

“Jadi sekarang ini, kami melakukan persiapan. Kemudian berikutnya, bisa dilihat penyaluran dimulai dari Maret,” ungkap Plt Sekjen Kemendikbud, Ainun Na’im dalam Rapat Kerja dengan Komisi X DPR RI, Rabu (20/1).

Persiapan yang dilakukan saat ini di antaranya finalisasi penyusunan Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK); penyusunan bahan dan sosialisasi; hingga seleksi calon penerima. Kemudian diperlukan pula koordinasi dengan unit-unit terkait di perguruan tinggi.

Baca juga: Agar PNS Tidak Mudah Minta Mutasi, Ini yang Harus Dilakukan

“Untuk yang sedang on going kita bayarkan sesuai dengan jadwal yang mula-mula ada,” terang Ainun.

Target untuk KIP-K pada tahun ini akan menyasar kepada 1.102.000 mahasiswa dengan anggaran Rp 9,6 triliun. Kemudian, untuk KIP Sekolah ditargetkan bakal menyasar 17,9 juta siswa dengan alokasi Rp 9,67 triliun.

Ainun menambahkan bahwa program bantuan ini akan terus dikawal pelaksanaannya sepanjang 2021. Di mana perlu juga adanya pengendalian mutu dalam program tersebut.

“Terdapat percepatan, supervisi dan pelaporan penyalurannya juga terlaksana. Kemudian juga kita lakukan rekonsiliasi penyaluran bantuan dengan bank penyalur,” pungkasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:


Kemendikbud Salurkan PIP hingga Afirmasi Pendidikan Tinggi Maret 2021