KRI Teluk Cirebon 543 Kirim Bantuan ke Sulbar

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

KRI Teluk Cirebon 543 Kirim Bantuan ke Sulbar


JawaPos.com – TNI AL kembali mengirim bantuan, pasukan, dan kapal ke Sulawesi Barat (Sulbar) dan Kalimantan Selatan (Kalsel). Rabu pagi (20/1) Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksamana Muda TNI Irvansyah melepas KRI Teluk Cirebon-543 dari Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kepada awak media, Irvansyah menyampaikan bahwa instansinya mendapat tugas dari Mabes TNI AL sebagai koordinator posko bantuan di Jakarta. “Dalam menyalurkan bantuan tanggap darurat musibah gempa di Sulbar,” kata perwira tinggi bintang dua tersebut. Bantuan yang dikirim diperoleh dari donatur dan mitra TNI AL di ibu kota.

Sebelum dibawa ke Markas Komando Kolinlamil, semua bantuan itu dikumpulkan di beberapa lokasi. Di antaranya Dinas Potensi Maritim (Dispotmar), Markas Pusat Hidrografi dan Oseanografi Angkatan Laut (Pushidrosal), Komando Armada (Koarmada) I, dan Korps Marinir. Bantuan yang dikirim terdiri atas makanan, minuman, obat-obatan, dan perlengkapan bayi.

Selain itu, turut dikirim bantuan berupa tenda, bantal, dan kasur. Irvansyah juga menyatakan bahwa Kolinlamil akan mengirim KRI Banda Aceh-593. “Yang akan mendistribusikan bantuan dan bahan makanan untuk korban bencana di Banjarmasin, Kalimantan Selatan,” jelasnya. Dia memastikan, instansinya melaksanakan arahan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono.

Baca juga: Warga Korban Gempa Mamuju dan Majene Bertahan di Pengungsian

Irvansyah menyatakan, KSAL sudah memerintahkan pelaksanaan dukungan operasi kemanusiaan. “Membantu korban bencana alam yang merupakan implementasi dari tugas-tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) TNI,” terangnya. Itu sekaligus menunjukkan kehadiran TNI untuk membantu masyarakat dan pemerintah dalam kondisi darurat bencana.

Saksikan video menarik berikut ini:


KRI Teluk Cirebon 543 Kirim Bantuan ke Sulbar