Pengamat Sebut Program Vaksin Akan Berdampak Ledakan Pariwisata

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pengamat Sebut Program Vaksin Akan Berdampak Ledakan Pariwisata


JawaPos.com–Pengamat pariwisata dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Deria Adi Wijaya menyatakan, keberhasilan program vaksin akan berdampak pada ledakan sektor pariwisata pada 2021.

”Saya optimistis, geliat pariwisata akan bangkit dengan adanya vaksinasi masal. Vaksinasi masal jika berhasil, pandemi berakhir dan pariwisata akan meledak lagi. Sebab, masyarakat sudah lelah menunggu dan sudah menahan diri untuk tidak traveling,” kata Deria Adi Wijaya seperti dilansir dari Antara di Solo.

Meski demikian, dia memperkirakan pariwisata akan terus bertahan dengan adanya adaptasi kebiasaan baru di semua aspek.

”Caranya, tentu setiap wisatawan yang akan mendatangi destinasi wisata diwajibkan menerapkan protokol kesehatan dan membawa surat keterangan negatif Covid-19 dari hasil tes usap maupun tes cepat antigen,” ujar Deria Adi Wijaya.

Menurut dia, adaptasi baru mulai dari menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, hingga surat keterangan bebas Covid-19 menjadi bagian dari kebijakan yang nanti membiasakan wisatawan beradaptasi dengan kebijakan pemerintah tersebut.

Kepala Program Studi (Kaprodi) D 3 Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Sekolah Vokasi (SV) UNS itu mengatakan, dari sisi destinasi wisata, Candi Borobudur masih akan menjadi tujuan yang favorit wisatawan baik domestik maupun asing.

”Ini tidak dilepaskan dari eksistensi Borobudur sebagai destinasi pariwisata Indonesia sejak dulu. Borobudur merupakan magnet pariwisata yang besar dan banyak wisatawan dari berbagai negara tertarik untuk mengunjungi salah satu keajaiban dunia tersebut,” terang Deria Adi Wijaya.

Selain itu, menurut dia, Danau Toba, Mandalika, dan Labuan Bajo juga punya prospek kunjungan wisatawan yang bagus pada 2021. ”Seperti Mandalika. Destinasi ini menjadi magnet besar karena akan menjadi tempat sirkuit MotoGP, itu kelasnya dunia. Jadi, bisa dibayangkan seluruh dunia jika ada sirkuit GP di situ akan banyak mengalokasikan waktu dan potensi mereka untuk berkunjung ke Mandalika,” papar Deria Adi Wijaya.

Saksikan video menarik berikut ini:


Pengamat Sebut Program Vaksin Akan Berdampak Ledakan Pariwisata