Polda Papua Masih Kejar Pelaku Penembakan Helikopter di Tsinga

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Polda Papua Masih Kejar Pelaku Penembakan Helikopter di Tsinga


JawaPos.com–Polda Papua bersama TNI hingga saat ini masih melakukan pengejaran terhadap pelaku penembakan helikopter di Kampung Tsinga, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika. Orang tak dikenal (OTK) menembak helikopter milik PT Sayap Garuda Indah yang diterbangkan pilot warga negara asing (WNA) dengan nomor registrasi Eagle 407 HP/PK-ZGM pada Rabu (6/1) pukul 10.01 WIT.

Kabid Humas Polda Papua Kombespol. A.M. Kamal seperti dilansir dari Antara mengungkapkan helikopter itu take off dari Bandara Baru Mozes Kilangin Timika untuk melaksanakan survei GPS di area Benangin dekat Kampung Tsinga, Distrik Tembagapura. Pada pukul 08.40 WIT saat melakukan pengambilan foto udara tepat di Benangin, pilot mencium bau fuell sehingga mendaratkan di helipad Benangin.

”Melihat ada lubang di bodi pesawat, selanjutnya pilot kembali ke helipad 66 Tembagapura. Setelah helikopter PK-ZGM tiba di landasan helipad 66, pilot melakukan pengecekan dan mendapati ada lubang kecil di bagian bawah helikopter, kemudian melaporkan kepada sekuriti PT FI guna pengecekan lebih lanjut,” ujar Kamal.

Setelah mendapat informasi tersebut, personel Satreskrim Polres Mimika dan Polsek Tembagapura melakukan olah TKP. Petugas juga pemeriksaan saksi-saksi guna mengungkap pelaku penembakan terhadap helikopter tersebut.

Hasil olah TKP, menurut Kamal, helikopter PT SGI (Sayap Garuda Indah) Bell 407 HP/PK-ZGM terkena tembakan di bodi helikopter sebelah kiri. Tepatnya di bawah pintu penumpang sebelah kiri, terdapat kebocoran bahan bakar di bagian bawah helikopter.

Helikopter ditembak pada saat terbang di ketinggian 1.500 kaki. ”Tiga kru helikopter, yakni pilot Stuward dan Dave Jhon Aviation Manager (penumpang) serta Ardy Lotmaster (penumpang) dalam keadaan baik. Helikopter masih standby di helipad MP 66 Hidden Valley Tembagapura,” kata Kamal.

Dia mengatakan, kepolisian setelah laporan juga berkoordinasi dengan pihak terkait dan melakukan pengejaran terhadap pelaku penembakan. ”​​Kasus tersebut dalam penanganan Polres Mimika,” terang Kamal.

Dari kejadian tersebut, kata dia, tidak terdapat korban jiwa. Namun, dugaan kuat penembakan dilakukan KKB Kalikopi. Untuk wilayah Benangin, dari hasil penyelidikan adalah merupakan jalur perlintasan KKB Kalikopi dari markas KKB Kalikopi menuju Kampung Tsinga untuk mendapatkan bahan makanan.

Saksikan video menarik berikut ini:


Polda Papua Masih Kejar Pelaku Penembakan Helikopter di Tsinga