RSUP Adam Malik Operasi Pemisahan Bayi Dempet Dada dan Perut

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

RSUP Adam Malik Operasi Pemisahan Bayi Dempet Dada dan Perut


JawaPos.com–Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik Medan, Sumatera Utara, melakukan operasi pemisahan bayi kembar siam Adam dan Aris. Bayi itu  mengalami penyatuan di bagian dada dan perut. Operasi berlangsung pada Rabu (20/1), di ruang operasi Gedung Central Medical Unit (CMU) RSUP Haji Adam Malik.

”Operasi itu lancar tanpa ada kendala,” kata Sekretaris Tim Penanganan Bayi Kembar Siam RSUP Haji Adam Malik Rizky Adriansyah seperti dilansir dari Antara.

Adam dan Aris adalah anak dari pasangan Nur Rahmawati, 26, dan Supono, 32, warga asal Dusun Sei Kelapa II, Desa Tanjung Haloban, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu.

Rizky menyebutkan, kedua bayi tersebut juga mengalami pendempetan di beberapa organ dalam. Yakni, hati dan dinding jantung.

”Dempetnya sebagian besar di daerah perut, sebagian kecil di bagian dada. Bagian dalam tubuh yang menempel terutama hati dan dinding jantung,” terang Rizky Adriansyah.

Bayi kembar siam Adam dan Aris berhasil dipisahkan setelah menjalani operasi selama hampir 10 jam oleh tim dokter Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik Medan. Kasubbag Humas RSUP Adam Malik Rosario Dorothy Simanjuntak mengatakan kedua bayi itu berhasil dipisah pada pukul 17.40 WIB usai menjalani operasi pemisahan mulai pukul 08.00.

”Sudah berhasil dipisah ya pada pukul 17.40 WIB,” ujar Rosario Dorothy Simanjuntak.

Namun untuk saat ini, Rosario Dorothy Simanjuntak belum dapat memberikan keterangan lanjut mengenai kondisi kedua bayi tersebut. Sebab, kata dia, operasi masih harus dilakukan kepada kedua bayi itu.

”Untuk keterangan lanjutnya nanti saja ya,” ujar Rosario Dorothy Simanjuntak.

Adam dan Aris merupakan bayi kembar siam dempet keempat yang ditangani RSUP Adam Malik. Sebelumnya sudah berhasil memisahkan bayi kembar siam Mariana-Mariani asal Aceh Timur pada 2005, Sahira-Fahira dari Asahan pada 2017, dan Adam-Malik dari Tapanuli Utara pada 2019.

Saksikan video menarik berikut ini:


RSUP Adam Malik Operasi Pemisahan Bayi Dempet Dada dan Perut