Video Lawas Evakuasi Pesawat Lion Air JT610, Bukan Sriwijaya Air

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Video Lawas Evakuasi Pesawat Lion Air JT610, Bukan Sriwijaya Air


HINGGA hari kesepuluh pencarian korban dan puing-puing pesawat Sriwijaya Air SJ182, berita palsu tentang musibah itu masih terus bertebaran. Kali ini, Jawa Pos menemukan kabar yang dilengkapi video penyelaman tim SAR di bawah laut. Video itu disertai keterangan proses pencarian korban pesawat Sriwijaya Air di perairan Kepulauan Seribu.

”Merinding dgr suara tangisan dr potongan Anggota tubuh mreka.. Ya alloh smg srmua pnunpang pesawat Sriwijaya khusnol khotimah,” begitu keterangan dari akun Facebook Rehana Akmal. Posting-an itu disebar ulang oleh akun Tyeh Aryani Putra pada 13 Januari 2020 (bit.do/PencarianSriwijaya).

Durasi videonya 59 detik. Memperlihatkan penyelam yang mengangkat potongan pesawat dari dasar perairan. Di akhir video tampak wawancara dengan sang penyelam. Ketika di dasar perairan, penyelam itu menemukan potongan tubuh manusia dan memasukkannya ke kantong. Namun, ketika dibawa naik, potongan tubuh itu tumpah dan keluar dari kantong. Pada saat yang sama, dia mengaku mendengar suara-suara aneh, mirip suara manusia yang merintih.

Terlepas dari pengakuan sang penyelam, di video itu terdapat watermark yang sangat kecil dan terlihat samar. Saat ditelusuri, video tersebut ternyata milik kanal YouTube Niteni tv. Pada 22 Desember 2019, kanal itu memang mengunggah video wawancara dan kesaksian penyelam saat mencari korban kecelakaan pesawat

Tentu saja pesawat yang dimaksud bukan Sriwijaya Air SJ182. Penyelam tersebut sedang mencari korban kecelakaan pesawat Lion Air JT610 di perairan Karawang pada 2018. Judul videonya berbunyi, Lion Air JT 610 – Suara Tangis Evakuasi Bawah Laut (bit.do/LionAir2018).

Baca Juga: Awas Hoaks! Ada Kabar Vaksinasi Covid-19 yang Memutarbalikkan Fakta

Terkait upaya pencarian korban dan puing-puing Sriwijaya Air SJ182 yang dilakukan tim SAR gabungan, Anda dapat mengikuti perkembangannya di akun Instagram milik Basarnas. Bukan dari akun medsos lain yang belum jelas sumber kebenarannya. Update terbaru, pencarian itu diperpanjang selama tiga hari. Menurut Kabasarnas Marsekal Madya TNI (pur) Bagus Puruhito, pada pencarian hari ke-10, tim telah menemukan 310 human remain, 60 serpihan pesawat, dan 55 potongan besar material pesawat.

Selanjutnya, tim fokus melakukan pencarian human remain agar nanti mempermudah tim DVI untuk melakukan identifikasi. Selengkapnya Anda dapat membacanya di bit.do/UpdatePencarian.

FAKTA

Video wawancara penyelam yang dibagikan ulang akun Facebook Rehana Akmal berisi kesaksian saat evakuasi bawah laut pesawat Lion Air JT610 yang jatuh pada 29 Oktober 2018 di perairan Karawang, Jawa Barat.

Saksikan video menarik berikut ini:


Video Lawas Evakuasi Pesawat Lion Air JT610, Bukan Sriwijaya Air