Calon Wali Kota Dumai Jadi Tersangka Pelanggaran Pemilu

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Calon Wali Kota Dumai Jadi Tersangka Pelanggaran Pemilu


JawaPos.com–Calon Wali Kota Dumai nomor urut 2 Eko Suharjo terancam kurungan penjara enam bulan setelah menjadi tersangka perkara pelanggaran kampanye Pilkada 2020. Dia diduga melakukan tindakan pelibatan aparatur sipil negara (ASN).

Agus Purwanto, ketua Koalisi Dumai Gemilang Pemenangan Eko Suharjo-Sarifah, seperti dilansir dari Antara di Dumai menyatakan, sangat menghormati proses hukum tim Gakkumdu. Pihaknya akan menjalankan prosedur dan tahap yang berlaku.

Saat ini, lanjut dia, belum bisa berspekulasi terkait penetapan status tersangka calon diusung koalisi Partai Demokrat, Golkar, dan Hanura itu. Pihaknya akan mengikuti tahap proses hukum lebih lanjut. ”Kami lihat ke depannya. Saat ini belum bisa berspekulasi karena menghormati proses hukum,” kata Agus.

Sementara itu, Koordinator Sentra Gakkumdu Pilkada sekaligus Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Dumai Agung Irawan mengatakan, calon petahana Pilkada Dumai itu sudah ditetapkan sebagai tersangka karena status penyelidikan ditingkatkan ke penyidikan.

”Surat pemberitahuan dimulainya penyidikan sudah diterima dari kepolisian terkait pelanggaran kampanye satu peserta pilkada terkait dugaan pelanggaran netralitas ASN dalam kampanye. Dalam perkara ini calon terancam pidana enam bulan dan denda,” kata Agung.

Dia menjelaskan, perkara pelanggaran kampanye pemilu itu menjadi temuan Badan Pengawas Pemilu Dumai dengan dugaan pelanggaran netralitas ASN dan dugaan pidana pejabat ASN yang menguntungkan atau merugikan peserta pilkada lain. Penanganan proses hukum terhadap perkara Pilkada Dumai tersebut, akan dilakukan secara profesional tanpa pandang bulu.

”Penetapan tersangka calon wali kota ini sudah memenuhi dua alat bukti,” ujar Agung.

Dia mengatakan, sebelumnya Bawaslu Dumai sudah memperingatkan wakil wali kota Dumai non aktif itu agar dalam kampanye tidak melibatkan ASN. Namun, teguran diabaikan sehingga akhirnya pelanggaran tersebut diproses.

Saksikan video menarik berikut ini:


Calon Wali Kota Dumai Jadi Tersangka Pelanggaran Pemilu