Pemkot Bogor Siapkan 25 Puskesmas Tempat Imunisasi Vaksin Covid-19

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pemkot Bogor Siapkan 25 Puskesmas Tempat Imunisasi Vaksin Covid-19


JawaPos.com–Pemerintah Kota Bogor menyiapkan 25 Puskesmas tingkat kecamatan dan kelurahan sebagai tempat pemberian imunisasi vaksin Covid-19 yang direncanakan pada November.

”Vaksin akan diberikan dari pemerintah pusat kepada Pemerintah Kota Bogor. Jumlahnya sekitar 20 persen. Kota Bogor diminta bersiap-siap. Kami siapkan lokasinya di 25 Puskesmas,” kata Wali Kota Bogor Bima Arya seperti dilansir dari Antara di Kota Bogor.

Menurut Bima Arya, vaksin Covid-19 berjumlah sekitar 150.000 sampel, sehingga perlu dipilih berdasar skala prioritas, siapa penerima vaksin Covid-19 tersebut. Ada tiga kelompok prioritas penerima imunisasi vaksin Covid-19 di Kota Bogor. Yakni tenaga kesehatan, orang yang bekerja di sektor pelayanan publik, serta orang yang berisiko tinggi terpapar Covid-19.

”Pemerintah Kota Bogor terus mematangkan rencana pemberian vaksin Covid-19 tersebut,” tutur Bima Arya.

Pertimbangan pemberian vaksin diprioritaskan untuk tenaga kesehatan karena banyak bersentuhan langsung dengan pasien Covid-19. Untuk orang yang bekerja di sektor pelayanan publik, yakni orang yang aktif dan bertemu dengan banyak orang, seperti aparat sipil negara (ASN), TNI, dan Polri. Prioritas lain untuk orang yang berisiko tinggi terpapar Covid-19.

”Data sasaran penerima imunisasi vaksin Covid-19, segera diusulkan untuk disampaikan kepada Presiden Joko Widodo melalui Gubernur Jawa Barat,” terang Bima Arya.

Selanjutnya, kata dia, Pemerintah Kota Bogor akan mematangkan secara teknis bagaimana rundown pemberian vaksin yang kemungkinan akan diberikan kepada penerima sasaran.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Bogor pernah melakukan simulasi uji coba pemberian vaksin Covid-19 di Puskesmas Tanah Sareal pada Minggu (4/10). Uji coba tersebut, untuk kesiapan tenaga kesehatan (nakes), sistem alur vaksinasi, kondisi emergency pasca vaksinasi, serta protokol kesehatan.

Saksikan video menarik berikut ini:


Pemkot Bogor Siapkan 25 Puskesmas Tempat Imunisasi Vaksin Covid-19