Polda Metro Jaya Akan Gelar Operasi Zebra 2020 Selama 2 Pekan

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Polda Metro Jaya Akan Gelar Operasi Zebra 2020 Selama 2 Pekan


JawaPos.com – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya akan kembali menggelar Operasi Zebra 2020. Operasi ini ditujukan untuk menertibkan masyarakat dalam berlalu lintas. Operasi ini akan dilaksanakan serentak di seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya selama 2 pekan.

“Untuk Operasi Zebra 2020 ini akan digelar mulai tanggal 26 Oktober sampai dengan 8 November 2020,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi, Jumat (23/10).

Sambodo menyampaikan, aparat akan mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dalam pelaksanaan Operasi Zebra 2020. Penegakan hukum terhadap pelanggar lalu lintas merupakan opsi terakhir.

“Untuk operasi kali ini kita lebih banyak tentang sosialisasi dan dikmas lantas/pendidikan masyarakat lalu lintas, daripada penegakan hukum,” imbuhnya.

Penindakan hukum terhadap pelanggar lalu lintas akan difokuskan kepada pengendara yang membahayakan keselamatan dirinya dan orang lain. Keputusan itu diambil guna menekan angka kecelakaan lalu lintas.

“Kamudian untuk sanksi tindak akan kita berikan kepada para pengendara yang melanggar seperti, melawan arus lalu lintas, pelanggaran stop line, dan helm,” jelas Sambodo.

Sanksi bagi pelanggar tersebut mengacu pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pelanggar lalu lintas bisa terancam pidana kurungan atau denda.


Polda Metro Jaya Akan Gelar Operasi Zebra 2020 Selama 2 Pekan