FH UKDC Laksanakan Lomba Bertemakan Covid-19

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

FH UKDC Laksanakan Lomba Bertemakan Covid-19


JawaPos.com – Fakultas Hukum Universitas Katolik Darma Cendika (FH UKDC) kembali mengadakan kegiatan Darma Cendika Law Competition (DCLC) Tahun 2020. Tema yang dipilih adalah Kewajiban Warga Negara Republik Indonesia Dalam Pemenuhan Hak Warga Negara Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pasca Pandemi Covid-19.

DCLC 2020 menyelenggarakan 4 jenis kompetisi. Pertama adalah debat internal mahasiswa FH UKDC, lalu debat hukum tingkat SMA/sederajat, ketiga adalah lomba esai tingkat SMA dan Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat perguruan tinggi.

DCLC 2020 dilaksanakan secara daring untuk mencegah penularan Covid-19 yang diikuti oleh 55 tim debat SMA, 40 tim esai SMA dan 72 tim karya tulis tingkat perguruan tinggi. Babak Final DCLC 2020 digelar pada 9 dan 10 Januari 2021.

Sejak Desember lalu, tim dewan juri telah melaksanakan penilaian video dan berkas peserta. Dalam penilaiannya, dewan juri telah meloloskan 8 tim finalis debat SMA, 5 tim esai SMA dan 5 tim karya tulis tingkat perguruan tinggi. Untuk babak final kompetisi debat internal, sebelumnya telah digelar pada 18 Desember 2020.

Dekan FH UKDC Dian Ety Mayasari dalam opening ceremony Final DCLC 2020 menyampaikan, penting bagi siswa dan mahasiswa untuk merefleksikan pandemi Covid-19 yang telah membawa banyak perubahan dalam segala aspek kehidupan, terutama aspek ekonomi dan aspek hukum.

 

Apalagi, kapan berakhirnya pandemi masih belum diketahui. Oleh karenanya, siswa dan mahasiswa harus punya kesadaran, harapan besar serta semangat untuk tetap belajar.

“DCLC ini bukan hanya untuk mahasiswa tetapi juga untuk siswa-siswi SMA dengan tema DCLC yang tidak lepas dari situasi pandemi agar kita dapat menggali ide-ide yang diharapkan menjadi pengetahuan baru bagi kita semua,” ujar Dian dalam keterangannya, Senin (18/1).

Sementara itu, Ketua BEM FH UKDC Ferdinand Sujanto menyampaikan bahwa BEM FH UKDC memiliki niat untuk memberikan kesempatan kepada rekan-rekan mahasiswa internal UKDC, mahasiswa eksternal, maupun para siswa SMA/sederajat untuk berprestasi.

Adanya pandemi Covid-19 yang belum berakhir secara tidak langsung membuat kehidupan ketatanegaraan baik dari segi politik, budaya, pendidikan, hingga ekonomi menjadi goyah. “DCLC 2020 ini ingin menggali wacana-wacana baru untuk mengkritisi dan mengevaluasi situasi yang sedang goyah karena pandemi ini,” terang dia.

Kompetisi DCLC 2020 yang telah diselenggarakan ini telah menobatkan beberapa pemenang. Di mana untuk lomba debat internal mahasiswa FH UKDC adalah Tim Raden Joeanda Karta Widjaja sebagai Juara 1 dan Tim Oemar Said Tjokroaminoto sebagai Juara 2.

Kemudian, Lomba Debat Hukum SMA dimenangkan SMAK BPK Penabur Bandung dengan Juara 2 dan Juara 3 adalah SMAN 2 Jakarta dan SMAN 2 Garut. Pendebat terbaik (best speaker) di tingkat SMA adalah Jane Evelyn (SMAK 1 BPK Penabur Bandung).

Sementara untuk juara 1 dan 3 lomba esai direbut oleh SMAN 1 Serang, sedangkan juara 2 diperoleh SMA Bina Mulia Pontianak. Kompetisi paling sengit di Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat perguruan tinggi, yang akhirnya dimenangkan oleh Universitas Indonesia sebagai juara 1 dan 2. Juara 3 diperoleh Universitas Gadjah Mada, sedangkan Universitas Hasanuddin dan Universitas Brawijaya harus puas sebagai Juara Harapan 1 dan 2.

Kegiatan DCLC ini diselenggarakan oleh FH UKDC, Badan Eksekutif Mahasiswa FH UKDC (BEM FH UKDC) dan salah satu unit kegiatan mahasiswa di FH UKDC, yaitu Legal Analysis Student Association (LASA).


FH UKDC Laksanakan Lomba Bertemakan Covid-19