Masa Simpan 2 Vaksin Covid-19 yang Manjur Tahan 6 Bulan di Freezer

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Masa Simpan 2 Vaksin Covid-19 yang Manjur Tahan 6 Bulan di Freezer


JawaPos.com – Dunia sudah memiliki dua vaksin yang dinyatakan manjur di atas 90 persen untuk mengatasi pandemi Covid-19. Kedua vaksin tersebut yakni Pfizer-BioNTech dan Moderna. Keduanya sudah disetujui oleh sejumlah Food Drug Administration (FDA) di beberapa negara. Inggris bahkan sudah memulai menyuntik vaksin Pfizer-BioNTech pada tenaga kesehatan dan lansia. Lantas, dalam pendistribusian kedua vaksin itu, bagaimana cara menyimpannya?

Kedua vaksin itu harus disimpan di dalam rantai pendingin dengan suhu beku. Berapa lama bisa disimpan sehingga kualitasnya tetap baik dan tak rusak? Selain itu, berapa lama vaksin Covid-19 kedaluwarsa?

Dilansir dari KGW, Jumat (1/1), vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna Covid-19 keduanya memiliki masa simpan hingga enam bulan, tetapi Pfizer membutuhkan penyimpanan ultra-dingin untuk bertahan selama itu seperti laporan perusahaan itu pada November. Itu berarti vaksin Pfizer harus disimpan pada suhu sekitar minus 70 derajat Celcius (minus 158 Fahrenheit), yang memerlukan jenis freezer komersial khusus. Vaksin hanya dapat disimpan selama 5 hari pada suhu lemari es biasa.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Manjur Mulai Digunakan, Harapan Akhiri Pandemi di 2021

Pfizer mengatakan vaksin sedang didistribusikan di pengirim termal, yang menjaga suhu sangat dingin menggunakan es kering. Vaksin dapat bertahan hingga 30 hari dengan mengisi ulang pengirim dengan es kering setiap lima hari.

Di sisi lain, Moderna mengatakan vaksinnya dapat disimpan hingga 6 bulan pada suhu freezer standar sekitar minus 20 derajat Celcius (minus 4 Fahrenheit) atau 30 hari didinginkan pada sekitar 2 hingga 8 derajat Celcius (36 hingga 46 Fahrenheit). Ini membuat vaksin menjadi tantangan untuk negara miskin atau untuk masyarakat pedesaan yang mungkin tidak memiliki akses ke freezer ultra-dingin.

Situs CDC mengatakan vaksin Pfizer dan Moderna membutuhkan setidaknya beberapa jam untuk mencair, dan harus diberikan relatif cepat pada suhu kamar. Setelah dicairkan, tidak ada vaksin yang dapat dibekukan kembali.

Jadi dengan peluncuran vaksin yang lebih lambat dari perkiraan, apakah umur simpan setiap vaksin perlu dikhawatirkan? Ahli kesehatan Joe Sullivan dari Oregon Health Authority (OHA) mengatakan hal itu tidak terlalu dikhawatirkan. “Kedua vaksin itu bisa disimpan di freezer selama enam bulan. Jadi setelah dicairkan, saat itulah jam masa simpan mulai dihitung,” kata Sullivan.

Saksikan video menarik berikut ini:


Masa Simpan 2 Vaksin Covid-19 yang Manjur Tahan 6 Bulan di Freezer