Siapkan Rp 22 miliar, Kemenag Targetkan Akreditasi Ratusan PTKI

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Siapkan Rp 22 miliar, Kemenag Targetkan Akreditasi Ratusan PTKI


JawaPos.com – Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agam (Kemenag) menjadikan akreditasi program studi (prodi) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) sebagai salah satu program prioritas. Diktis telah menyiapkan anggaran Rp 22 miliar untuk proses akreditasi 791 prodi.

“Tahun 2021 harus lebih cepat lagi dalam melakukan akreditasi program studi. Prioritasnya adalah Prodi pada perguruan tinggi keagamaan Islam (PTKI) dengan dana yang disiapkan 22 miliar. Data yang siap diakreditasi sejumlah 791 prodi,” ungkap Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Suyitno melalui keterangan tertulis, Kamis (7/1).

Akreditasi prodi ini akan menjadi pintu masuk akreditasi institusi. Hal ini harus didukung dengan kehadiran Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM). Sebab, asesor di BAN-PT untuk Prodi di lingkungan Diktis, khususnya bidang keagamaan terbatas, sehingga diperlukan keberadaan LAM Keagamaan.

“Proses pengajuan LAM Keagamaan ini, Alhamdulillah sudah berjalan sesuai prosedur. Semoga proposal studi kelayakan LAM Keagamaan yang telah disubmit akhir tahun 2020 pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) segera diproses. Sehingga, Kemenag dapat diberikan mandat untuk menjalankan amanah dari LAM tersebut. Syukur hal itu bisa dimulai pada tahun 2021 ini,” jelasnya.

Tahun 2021 ini, Diktis juga akan melakukan penguatan Ma’had al-Jamiah (asrama) di PTKI. Ini dilakukan bekerja sama dengan Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren.

“Pada masa pandemi ini, di mana pembelajaran model daring atau pembelajaran jarak jauh diberlakukan, maka program Ma’had al-Jamiah, sekurangnya setahun para mahasiswa ikut dengan pesantren terdekatnya. Tentu saja, pondok pesantren yang sesuai dengan kriteria, seperti protokol kesehatan harus ketat dan jaringan internet harus kuat. Semua itu harus disiapkan dengan matang awal tahun 2021 ini,” ujarnya.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani juga meyakini hal tersebut akan terwujud dengan kerja sama semua pihak, terutama kerja tim Diktis. “Saya percaya dengan sepenuhnya, apa yang direncanakan oleh Direktur Diktis, insyaAllah, akan terwujud. Sebab, saya juga mendorong direktorat lain di Pendidikan Islam ini supaya dapat jalan bersama untuk mewujudkan visi misi agung dari Kemenag RI,” tandas dia.


Siapkan Rp 22 miliar, Kemenag Targetkan Akreditasi Ratusan PTKI