Unstring Your Heart, Film Animasi Karya SMK di Ajang Internasional

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Unstring Your Heart, Film Animasi Karya SMK di Ajang Internasional


JawaPos.com – Bakat di dunia perfilman semakin diramaikan oleh para generasi muda bahkan dipersembahkan para pelajar. Film animasi Unstring Your Heart berhasil memenangkan nominasi dan menjadi pemenang di berbagai penghargaan baik lokal maupun internasional.

Di antaranya dari HelloFest 2019, The 20th Kansas International Film Festival 2020, Canverra Short Film Festival 2020, Canberra Short Film Festival 2019, sampai Pune Short Film Festival 2019. Film tersebut merupakan karya dari siswa SMK Umar Raden Said (SMK RUS) Kudus, Jawa Tengah.

Unstring Your Heart (lepaskan hatimu) memuat pesan memerdekaan hati dalam proses kreativitas. Film animasi yang mengisahkan pemain Marionette dan bonekanya.

Dalam menciptakan film ini, para sisswa melakukan riset yang vintage. Salah satunya aritektur Kota Tua Semarang era 1930-an. Riset motif batik secara mendalam pun menghadirkan kostum batik yang dikenakan tokoh animasi pun menggambarkan kekayaan khas batik semarang.

Dikemas menyentuh hati, cerita pun bergerak secara menyentuh, diiringi musik latar khas yang tetap menghadirkan unsur Indonesia tempo dulu. Tentunya  kaya dengan nilai-nilai kearifan lokal Indonesia kepada pecinta tayangan animasi di seluruh dunia.

Dengan demikian, tentunya Indonesia semakin banyak memiliki lulusan yang cakap di bidang kompetensi atau keahlian dalam bidang animasi 3 dimensi. Salah satunya dalam hal ini dunia kerja dan usaha industri film animasi.

Capaian yang dilakukan para siswa tentunya didukung dengan program kurikulum vokasi dan ekosistem pendidikan, yang ditujukan untuk penciptaan pengalaman belajar. Program Associate Djarum Foundation, Galuh Paskamagma mengungkapkan, dengan pengalaman menjalin kemitraan dan kolaborasi yang efektif dan efisien, modern serta inovatif,  pencapaian kompetensi keahlian animasi benar-benar diperhatikan dan tercapai optimal.

Menurut Kepala SMK RUS, Fariddudin, dalam perencanaan dan proses praktek kurikulum, konsep ‘Merdeka Belajar’ menjadi sebuah nafas yang menggerakkan imajinasi dan kreativitas siswa, mentor maupun pendidik dan semua pihak yang terlibat. Dalam memproduksi film animasi Unstring Your Heart, siswa bergerak sebagai pembelajar aktif yang merdeka. Ini menjadi proses penting dimana keduanya terfasilitasi perkembangan inspirasi dan minatnya..

Saksikan video menarik berikut ini:


Unstring Your Heart, Film Animasi Karya SMK di Ajang Internasional