Ajak Anak Belajar Lebih Seru Lewat Dunia Digital ZeniusLand

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Ajak Anak Belajar Lebih Seru Lewat Dunia Digital ZeniusLand


JawaPos.com – Platform E-Learning atau aplikasi belajar online kini cukup diminati masyarakat. Selain itu, pandemi Covid-19 seperti saat ini juga memaksa para pelajar dan mahasiswa untuk melakukan proses belajar secara daring dan memicu kenaikan tren aplikasi belajar online.

Kini cukup banyak situs dan aplikasi belajar secara online yang bermunculan dan bisa dipilih masyarakat. Di tanah air, salah satu aplikasi yang cukup populer yakni Zenius menghadirkan wadah baru bagi orang tua dan anak untuk menjelajahi dunia belajar digital lewat ZeniusLand.

ZeniusLand diklaim sebagai platform belajar yang dirancang khusus untuk mengembangkan kemampuan fundamental dan cara berpikir kritis siswa sekolah dasar di Indonesia. Dunia anak yang notabene adalah dunia bermain juga diwujudkan dengan platform ini yang menyediakan permainan edukatif untuk meningkatkan kecerdasan kognitif maupun emosional anak.

Selain itu, platform baru dari Zenius ini juga disebut bisa menambah semangat eksplorasi dan belajar anak, dengan mengenalkan karakter animasi yang membuat kegiatan belajar anak jadi semakin menyenangkan.

Siswa SD dapat menguasai Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris melalui metode gamifikasi seru. Dengan ZeniusLand, siswa dapat memulai petualangan dalam mengejar ilmu pengetahuan bersama Tiga Sekawan, yang mewakili nilai-nilai karakter anak yang perlu digali sejak dini; Gika untuk kemampuan logika, Imaji untuk imajinasi, dan Aksa untuk literasi.

“Melalui ZeniusLand, kami berharap dapat memotivasi siswa-siswi di Indonesia untuk belajar dengan cara yang menyenangkan. Kami percaya, sisi menyenangkan dalam kegiatan belajar harus dibangun sedini mungkin, seperti sejak usia sekolah dasar,” ungkap Sabda P.S, Founder dan Chief Education Officer Zenius.

Dia melanjutkan, jika siswa sudah menumbuhkan kecintaan belajar, maka niscaya mereka akan memiliki motivasi ini untuk terus memelihara rasa ingin tahu dan mempelajari hal-hal baru hingga dewasa.

Selain itu, kebutuhan untuk menumbuhkan semangat belajar ini sangat krusial di Indonesia. Pasalnya, menurut data Programme for International Student Assessment (PISA) dari 2000-2018, Indonesia selalu menetap pada peringkat 10 terbawah dari semua negara partisipan survei. Pada survei terakhir di tahun 2018, siswa Indonesia berada di peringkat ke-6 terendah untuk skor membaca, peringkat ke-7 terendah untuk matematika, dan peringkat ke-9 terendah untuk sains.

Ironisnya, ketiga skor di mata pelajaran fundamental ini justru mengalami penurunan dari riset sebelumnya pada tahun 2015. Walaupun riset PISA menguji siswa-siswi berusia 15 tahun, nyatanya keterampilan fundamental merupakan bekal yang penting untuk dilatih sedini mungkin, terutama di umur sekolah dasar.

Sslain itu, studi Global Save the Children pada bulan Juli 2020 juga mengindikasikan bahwa 8 dari 10 anak tidak dapat mengakses bahan pembelajaran yang memadai selama diberlakukannya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Dengan kondisi yang masih belum memungkinkan untuk melakukan PTM (Pertemuan Tatap Muka) penuh, kehadiran platform belajar yang menyenangkan bagi anak diharapkan bisa membuka akses yang lebih luas dan membangkitkan motivasi dan semangat belajar siswa-siswi di Indonesia.

“Tidak hanya bermanfaat bagi siswa dan siswi, ZeniusLand juga memudahkan orang tua untuk bisa mengawasi perkembangan anak-anak mereka melalui platform yang sama. Orang tua bisa mengakses kemajuan pendidikan anaknya melalui platform yang sama, sehingga mereka mengetahui kelebihan atau kekurangan anak mereka, dan mendapatkan rekomendasi belajar yang terpersonalisasi,” tambah Sabda.

Platform ZeniusLand dilengkapi dengan kurikulum Zenius yang didesain khusus anak usia 7-12 tahun, video materi belajar yang disajikan dalam bentuk dongeng, hingga penjelasan konsep yang dipandu dengan karakter Tiga Sekawan dengan cara yang menyenangkan.

Pada tahap awal, ZeniusLand akan menghadirkan lebih dari 40 video pembelajaran, lebih dari 200 pertanyaan, dan lebih dari 40 materi pembelajaran interaktif untuk siswa kelas 4-6 SD. Platform ini telah tersedia di Android, dan akan segera tersedia di iOS, yang dapat diakses dengan biaya berlangganan.


Ajak Anak Belajar Lebih Seru Lewat Dunia Digital ZeniusLand