Yulius Uwe Dipercayakan Bawa Api PON di Timika

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Yulius Uwe Dipercayakan Bawa Api PON di Timika


JawaPos.com–Mantan atlet nasional sekaligus pemegang rekor nasional dasalomba Yulius Uwe dipercayakan untuk membawa api PON XX Papua setiba di Timika setelah diterbangkan dari Biak, Selasa (28/9). Selanjutnya api PON diserahkan ke Bupati Mimika Eltinus Omaleng saat prosesi penyambutan di Pendopo Rumah Negara Timika.

Ketua Bidang Upacara PB PON XX Sub Mimika Handy K. Titaley seperti dilansir dari Antara di Timika mengatakan, kepercayaan yang diberikan kepada Yulius Uwe untuk membawa api PON merupakan sebuah penghargaan atas dedikasinya di bidang olahraga. Khususnya pada cabang olahraga atletik.

Peraih medali emas SEA Games 1985 Bangkok, SEA Games 1987 Jakarta, dan SEA Games 1993 Singapura, pada nomor dasalomba itu, merupakan putra asli Mimika, kelahiran Kokonao Mimika Barat, 12 Januari 1965. ”Beliau merupakan putra Mimika dan telah mendedikasikan hidupnya untuk kemajuan olahraga, khususnya atletik,” kata Handy.

Selain Yulius, terdapat tiga atlet nasional yang hingga kini masih aktif, yang akan membawa api PON saat melakukan kirab keliling Kota Timika, Selasa (28/9). Mereka terdiri atas Maria Natalia Londa, atlet lompat jauh dan lompat jangkit, peraih medali emas Asian Games 2014 serta dua medali emas SEA Games 2015 dan 2017. Selanjutnya Muhammad Bima Abdi Negara, peraih medali perunggu SEA Games 2017 Kuala Lumpur dan Santia Tri Kusuma, mantan atlet balap sepeda peraih medali emas pada PON XV 2000, PON XVI 2004, SEA Games 2001, dan SEA Games 2003.

Koordinator Tim Terbang Api PON Reza R. Mutiara menyebut, setiba di Bandara Timika, api PON XX kemudian dibawa ke Pendopo Rumah Negara (rumah jabatan bupati Mimika) di kawasan Kelurahan Karang Senang SP3 untuk diserahkan kepada Bupati Mimika Eltinus Omaleng. Selanjutnya dilakukan prosesi penyalaan tungku api PON XX.

Kemudian api PON XX akan dikirab keliling Kota Timika dimulai dari Kuala Kencana, melewati Jalan Cenderawasih menuju arena pertandingan PON XX di Kelurahan Timika Jaya SP2, selanjutnya menuju Jalan Yos Sudarso di depan Gereja Katedral Tiga Raja Timika.

Rombongan kirab api PON XX kemudian melintasi Jalan Hasanuddin dan berbelok ke Jalan Budi Utomo dan kembali ke Jalan Yos Sudarso menuju Pasar Lama Timika yang menjadi lokasi pentas seni budaya.

Api abadi PON XX diambil di Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat. Setelah diterbangkan ke Biak dan selanjutnya ke Timika, api PON XX kemudian diterbangkan ke Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya pada Rabu (29/9), dan kemudian diterbangkan lagi ke Merauke pada Kamis (30/9).

Pada Jumat (1/10), api PON XX akan diterbangkan lagi ke Jayapura untuk diserahkan ke Wali Kota Jayapura dan disemayamkan di Gedung Negara (rumah jabatan gubernur Papua). Pada Sabtu (2/10), api PON XX akan dibawa menuju Kabupaten Jayapura, melintasi Danau Sentani dengan perahu tradisional menuju Kalkote dan selanjutnya dibawa masuk ke Stadion Utama Lukas Enembe, tempat PON XX akan dibuka Presiden Joko Widodo pada 2 Oktober pukul 19.00 WIT.

Api PON XX kemudian dinyalakan di Kaldron Stadion Utama Lukas Enembe selama berlangsungnya pesta olahraga empat tahunan itu yang akan berlangsung 2 hingga 15 Oktober.


Yulius Uwe Dipercayakan Bawa Api PON di Timika