Jembatan Sei Alalak Jadi Kebanggaan Baru Warga Kalsel

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Jembatan Sei Alalak Jadi Kebanggaan Baru Warga Kalsel


JawaPos.com–Keberadaan Jembatan Sei Alalak yang mulai Minggu (26/9) dibuka untuk uji coba menjadi kebanggaan baru warga Kalimantan Selatan (Kalsel). Sebab, jembatan itu mempunyai struktur unik, lengkung dan pertama di Indonesia.

”Kami sangat senang ada jembatan baru ini yang sangat bagus dan mewah. Bangga rasanya sebagai warga Kalsel,” ucap Muhammad Arapik, warga yang melintas di Jembatan Sei Alalak seperti dilansir dari Antara.

Bersama istri dan anaknya, pria yang tinggal di Kabupaten Barito Kuala itu turut mengabadikan momen pertama melintas di jembatan dengan berfoto. Warga lain juga nampak antusias atas hadirnya jembatan ikonik sepanjang 850 meter itu.

Selain bangga rampungnya pembangunan jembatan hingga bisa dilintasi, Arapik juga mengaku lega lantaran telah terbebas dari kemacetan yang selama ini harus dirasakan akibat jalur dialihkan ke jalan alternatif.

Jembatan Sei Alalak yang sebelumnya bernama Jembatan Kayu Tangi 1 membentang di atas Sungai Alalak menghubungkan Kota Banjarmasin dan Kabupaten Barito Kuala. Sekaligus akses utama ke Kalimantan Tengah.

Selama jembatan dibangun hampir tiga tahun, warga terpaksa dialihkan ke jalur alternatif melintasi Jembatan Sei Alalak 2 yang macet setiap hari terutama pada jam-jam sibuk.

Sementara itu, Karo Ops Polda Kalsel Kombespol Moch. Noor Subchan mengimbau masyarakat mematuhi ketentuan kendaraan yang boleh melintas selama masa uji coba. Yakni hanya kendaraan roda dan roda empat alias mobil penumpang.

Jembatan Sei Alalak yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional Wilayah I Kalimantan Selatan Direktorat Jenderal Bina Marga telah rampung terhitung 24 September.

Presiden Joko Widodo pun memerintahkan jembatan segera dibuka agar memperlancar akses lalu lintas masyarakat guna mendukung pertumbuhan ekonomi mengingat vitalnya infrastruktur penghubung lintas provinsi di pulau Kalimantan itu.


Jembatan Sei Alalak Jadi Kebanggaan Baru Warga Kalsel