Denny JA Luncurkan Website Puisi Esai dalam Versi Bahas Inggris

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Denny JA Luncurkan Website Puisi Esai dalam Versi Bahas Inggris


JawaPos.com – Direktur Utama Lingkar Survei Indonesia (LSI) Denny Januar Ali atau yang iasa dikenal Denny JA meluncurkan website puisi esai dalam versi bahasa Inggris. Tercatat 39 buku, 132 film, da 43 animasi puisi esai bisa dinikmati di dalam web tersebut.

“Melalui website ini, saatnya karya-karya anak bangsa menuju kancah internasional,” kata Denny JA yang jga dikenal sebagai penulis itu dalam keterangan tertulisnya pada jawaPos.com, Senin (27/9).

Menurut Denny JA yang aktif di dunia sastra Indonesia itu, web puisi esai yang diluncurkan memiliki empat keistimewaan. Pertama, web ini menjadi contoh lahirnya genre baru dalam sastra. Tumbuh dari nol sama sekali, kini menjadi karya dengan lebih 150 buku puisi esai. Seluruh buku ini ditulis oleh lebih dari 200 penyair, penulis, aktivis, ilmuwan bahkan politikus.

“Puisi esai yang pertama kali hadir melalui buku Atas Nama Cinta (Denny JA, 2012). Bahkan (puisi esai) kini resmi menjadi kata baru dalam kamus bahasa Indonesia sejak bulan Mei tahun 2020 lalu,” kata Denny JA.

Keistimewan kedua, lanjut Denny JA, adalah puisi esai tak hanya dihadirkan dalam bentuk buku teks, tapi video animasi dan film. Di antaranya, lima karya puisi esai Denny JA yang mengambil isu diskriminasi, difilmkan oleh sutradara ternama, Hanung Bramantyo.

“Kemudian Ketiga, puisi esai yang lahir di Indonesia, kini mulai goes internasional. Telah terbit pula buku puisi esai yang ditulis penyair dari Malaysia, Singapura, Thailand hingga Brunei Darussalam,” ujarnya.

Keistimewaan keempat web puisi esai ini memuat buku, video animasi dan film yang sudah pula diterjemahkan ke bahasa Inggris. Tak kurang dari 39 buku puisi esai sudah diterjemahkan. Sisa 119 buku puisi esai lainnya masih dalam bahasa Indonesia. Sebanyak 13 film puisi esai juga sudah dalam teks bahasa Inggris dan 43 video animasi ditampilkan dengan teks bahasa Inggris.

“Saatnya budaya kita diperkenalkan kepada komunitas internasional. Tak ada jalan lain kecuali menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris,” seru Denny JA yang juga dikenal sebagai penggagas puisi esai juga telah mendapatkan penghargaan tingkat ASEAN dari Malaysia.


Denny JA Luncurkan Website Puisi Esai dalam Versi Bahas Inggris