Samsung Galaxy Buds2, Harga Lebih Hemat, Fitur Setara Premium

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Samsung Galaxy Buds2, Harga Lebih Hemat, Fitur Setara Premium


JawaPos.com – Bersamaan dengan hadirnya dua model anyar ponsel lipat Samsung generasi terbaru yakni Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3, turut dihadirkan pula perangkat lainnya yakni earphone True Wireless Stereo (TWS). Perangkat yang dimaksud adalah Galaxy Buds juga generasi terbaru yang turut dihadirkan Samsung untuk pasar Indonesia.

Galaxy Buds baru membawa penamaan Galaxy Buds2. Praktis, model ini adalah penerus dari Galaxy Buds generasi pertama yang dihadirkan Samsung pada 2019 lalu yang kemudian disempurnakan oleh hadirnya Galaxy Buds Plus dan Galaxy Buds Pro namun di harga yang lebih terjangkau.

Jika dibandingkan dengan Galaxy Buds generasi pertama, Galaxy Buds2 memang lebih terjangkau. Earphone TWS baru Samsung ini dilego di pasaran dengan harga Rp 1,7 jutaan sementara Galaxy Buds pertama 2019 lalu ditawarkan di harga Rp 1,9 jutaan.

Kendati model yang saat ini lebih terjangkau, tidak berarti Galaxy Buds2 tak mumpuni. Malahan, Galaxy Buds2 mengadopsi beberapa fitur yang ada pada model Galaxy Buds Pro yang dijual dengan harga hampir Rp 2,5 jutaan.

Earphone TWS Samsung sudah JawaPos.com jajal dan diulas. Berikut ulasan selengkapnya.

Paket Lengkap
Galaxy Buds2 masih sama seperti para pendahulunya yang disajikan ke konsumen dengan paket penjualan komplet. Siap pakai. Tinggal colok ke telinga dan gunakan semaunya buat berbagai kebutuhan.

Kemasan penjualan Galaxy Buds2 berwarna putih sementara model-model sebelumnya sempat berwarna hitam. Tampil ringkas dengan kemasan tak terlalu tebal, pada bagian depan terdapat tampilan Galaxy Buds2 dan identitas penjualan bertuliskan ‘Galaxy Buds2’. Selain warna ungu atau dikenal dengan warna Lavender, ada tiga pilihan warna lain tersedia dengan penyebutan warna Olive (krem), Graphite (hitam) dan White atau putih.

Perangkat Samsung Galaxy Buds2 dan kelengkapannya. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Di bagian lain kotak penjualan, ada kotak lagi yang berisi buku aksesori kabel daya untuk fungsi pengecasan perangkat ini yang sudah Type-C. Selain kabel daya, di kotak tersebut juga berisi aksesori karet pelapis atau buds cadangan yang bisa mengganti atau untuk menyesuaikan lubang telinga pemiliknya dan juga booklet berisi panduan manual dan kartu garansi.

Di sisi ini, Galaxy Buds2 masih sama seperti pendahulunya dari berbagai penamaan Galaxy Buds mulai dari Buds pertama, Buds Live, Buds Plus dan Buds Pro yang sudah siap pakai dengan paket penjualan lengkap.

Desain Epik
Galaxy Buds2 masih tampil premium kendati harganya lebih terjangkau. Warna unggulan perangkat ini tampaknya adalah warna Lavender atau ungu. Masih memikat dengan bentuk cangkang ala kotak make-up yang biasanya ada di tas perempuan dengan desain simple.

Galaxy Buds2 dari segi desain khususnya area yang masuk ke telinga pengguna hadir dengan konsep in-ear yang langsung menancap ke kuping dengan karet penyangga. Konsep seperti ini sempat ditinggalkan Samsung saat menghadirkan Galaxy Buds Live 2020 lalu yang hanya menempel di telinga bagian luar pengguna.

Konsep in-ear kali ini di Buds2 sama seperti Galaxy Buds Pro dan Galaxy Buds Plus. Jika dibandingak dengan Galaxy Buds Live yang terkenal dengan bentuk serupa kacang merah, Galaxy Buds2 dengan konsep in-ear memang lebih nyaman dan menghasilkan suara lebih mumpuni sama seperti pada Buds Plus dan Buds Pro.

Sementara pada casing atau cangkang pengisi daya, Galaxy Buds2 masih menggunakan USB-C seperti yang kini banyak hadir di ponsel Samsung, yang berarti Anda tidak perlu membawa kabel terpisah. Selain pengecasan manual dengan kabel, earphone TWS premium ini sudah dibekali teknologi pengecasan nirkabel alias wireless charging.

Bagian cangkang juga masih tampil epik, elegan namun ringkas. Seperti sudah kami singgung di atas, cangkang pengecasan ini membawa faktor bentuk serupa kotak make-up dengan sisi-sisi agak membulat.

Meski sekilas mirip dengan beberapa pendahulunya, di bagian desain khususnya pada cangkang Buds2 terdapat penyegaran berupa sentuhan warna dual-tone. Galaxy Buds2 memiliki casing dua warna yang mana cangkang luarnya selalu berwarna putih, sementara warna earbuds dan interior casing di dalamnya bisa berbeda-beda sesuai dengan warna yang tersedia yakni ungu, krem, hitam dan putih.

Performa Premium
Saat digunakan, Galaxy Buds2 juga masih membawa performa yang tak mengecewakan meski dibanderol lebih murah dari Galaxy Buds pertama. Bahkan, jika dibandingkan dengan pendahulunya, Galaxy Buds2 lebih advance karena sudah ditingkatkan spesifikasinya.

Earphone TWS baru Samsung ini membawa fitur unggulan yang sudah ada di Galaxy Buds Pro, yakni Active Noise Cancellation alias ANC. Seperti namanya, fitur sangat bisa membantu pengguna dalam meredam suara bising di sekitar mereka.

Samsung mengklaim suara bising bisa berkurang hingga 98 persen. Ini pertama kalinya fitur ANC hadir di Galaxy Buds yang menurut kami lebih murah yang dihadirkan Samsung. Galaxy Buds 2 diklaim 15 persen lebih kecil dan 20 persen lebih ringan dibanding Galaxy Buds dan Galaxy Buds Plus sehingga lebih ringan.

Perlindungan juga ditingkatkan walau harganya cukup terjangkau. Untuk perangkat TWS baru ini, Samsung membekali Galaxy Buds2 malahan sudah dibekali dengan sertifikat IPX2 yang berarti earphone TWS kali ini sudah tahan percikan air jika digunakan saat berkeringat kala diajak berolahraga atau tak sengaja kehujanan.

Selain ANC, fitur Galaxy Buds2 masih mirip dengan pendahulunya. Ada fitur untuk mengatur mode suara ambience, seperti Galaxy Buds generasi sebelumnya. Kemudian, Galaxy Buds2 juga menggunakan machine learning dan tiga mikrofon yang terpasang di masing-masing earbuds, berikut sebuah voice pickup unit (VPU), untuk memaksimalkan kejernihan suara di setiap kondisi.

Soal teknis, earphone TWS baru Samsung ini memilliki two-way speaker berdasarkan pengujian kami cukup baik dalam menghasilkan nada tinggi yang jernih dan bass yang dalam.

Galaxy Buds2 kali ini juga masih dapat terhubung ke perangkat Bluetooth apa pun. Baik itu Android, iOS, dan PC dan semuanya dapat berfungsi dengan baik. Namun, untuk pengalaman lebih maksimal, pengguna bisa mengunduh aplikasi Samsung Galaxy Wearable di Play Store untuk pengguna Android ataupun aplikasi Galaxy Buds untuk pengguna iOS di App Store.

Dengan kontrol lewat aplikasi ini, pengguna dapat mengatur karakteristik suara dengan enam preset (Soft, Dynamic, Bass boost, Clear, Treble boost dan Normal), mengaktifkan dan menonaktifkan fitur penghilang kebisingan aktif atau Active Noise Cancelling (ANC), mengeluarkan pembaruan software dan memilih apa yang dilakukan dengan mengetuk tombol kapasitif Galaxy Buds2.

Perangkat Samsung Galaxy Buds2. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Ada juga fitur pengaturan ketukan pada setiap buds untuk menjeda atau melanjutkan pemutaran. Ketuk dua kali akan memainkan lagu berikutnya, ketuk tiga kali untuk memutar lagu sebelumnya dan pengaturan lainnya yang bisa dengan mudah dikustomisasi pengguna.

Saat digunakan, faktor bentuk earbuds dengan konsep “menyumbat telinga” atau in-ear, tak bisa bohong, konsep ini memang lebih enak dalam urusan suara dari apa yang pernah dilakukan Samsung pada perangkat Galaxy Buds Live.

Selain itu, tak bisa dipungkiri juga kalau desain in-ear pada setiap buds memang lebih menawarkan isolasi kebisingan yang jauh lebih baik dan menghasilkan bass yang lebih “nendang”.

Meski demikian, buat sebagian orang, menggunakan perangkat earphone TWS dengan konsep demikian dalam waktu lama dapat membuat telinga terasa pegal. Kendati diklaim lebih baik dan nyaman dengan beberapa perbaikan, desain in-ear pada Buds2 kali ini buat kami tetap sama saja. Pegal kala digunakan dalam waktu lama.

Perangkat ini tetap menawarkan sensasi nge-bass namun seimbang dengan suara sekitar. Desain in-ear membuat Buds2 mampu menghasilkan tingkat bass maksimal dan solid bahkan saat dibandingkan dengan Galaxy Buds pertama yang lebih mahal.

Dalam pengaturan Dinamis atau Normal, Buds2 juga terdengar jernih dan seimbang antara volume dan bass. Pengalaman penggunaan juga makin impresif dengan fitur peredam bising aktif atau ANC, sangat bermanfaat jika Anda menggunakan earbud di tengah keramaian.

Untuk daya tahan baterai, Galaxy Buds2 bisa bertahan hingga 7,5 jam jika ANC dinon-aktifkan dan 5 jam apabila ANC dinyalakan. Daya tahan baterainya juga seimbang dengan cangkang atau casing yang juga bisa bertahan lama dan praktis karena sudah mendukung fitur wireless charging.

Kesimpulan
Samsung konsisten menawarkan performa dan kenyamanan perangkat earbuds-nya di Galaxy Buds2 yang kini lebih terjangkau. Meski lebih murah, Galaxy Buds2 tak murahan. Sudah mendukung fitur ANC, tahan air dan pastinya hemat baterai membuat Galaxy Buds2 patut dipertimbangkan untuk dibeli jika seri Buds lainnya terasa memberatkan dari sisi harga. Harga lebih hemat, fitur setara premium.


Samsung Galaxy Buds2, Harga Lebih Hemat, Fitur Setara Premium