Libur Panjang, Gubernur Ridwan Kamil Koordinasi dengan TNI-Polri

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Libur Panjang, Gubernur Ridwan Kamil Koordinasi dengan TNI-Polri


JawaPos.com–Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan, telah berkoordinasi dengan TNI dan Polri terkait dengan pencegahan potensi kenaikan kasus Covid-19 dampak libur panjang mulai 28 Oktober hingga 1 November.

”Kami sudah berkoordinasi dengan polda dan TNI untuk memperbanyak personel. Tiap minggu kita menyerbu zona merah, termasuk ke titik destinasi wisata untuk menerapkan protokol kesehatan dengan tegas,” kata Ridwan Kamil Seperti dilansir dari Antara di Bandung.

Ridwan mengatakan, saat libur panjang terkait dengan Idul Adha 1441 Hijriah yang lalu, membuat sejumlah warga mudik dan berdampak pada kasus Covid-19. ”Long weekend Idul Adha kemarin itu menaikkan kasus. Pelajaran buat kita. Kami sudah menyiapkan materi edukasi, pada dasarnya selama disiplin 3M, bisa terkendali,” tutur Ridwan Kamil.

Dia menjelaskan, jika ada hotel atau tempat pariwisata yang melanggar protokol kesehatan Covid-19 saat libur panjang, ancamannya penutupan sementara. Di luar dari itu, tidak ada kebijakan yang berubah. Pihaknya tidak menerapkan aturan bagi warga luar Jawa Barat yang datang untuk menunjukkan bukti bebas Covid-19 melalui tes PCR.

Swab (tes usap) itu mahal kalau mandiri. Yang penting, sambil nunggu vaksin, kuncinya 3M. Mencuci tangan, menjaga jarak, dan mengenakan masker. Lockdown terbaik ya pakai masker. Kita nanti buktikan hasilnya,” ujar Ridwan Kamil.

Menjelang pelaksanaan cuti bersama 28 Oktober hingga 1 November, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengimbau masyarakat di zona merah Covid-19 tetap di rumah bersama keluarga. ”Bagi bapak-ibu di daerah zona merah kalau memang bisa tidak pulang kampung, tidak berlibur, lebih baik mengisi waktu di tempat masing-masing,” kata Tito di Jakarta, Senin (19/10).

Dia mengatakan, warga di zona merah dapat menghabiskan waktu cuti bersama atau libur panjang di rumah bersama keluarga dengan membereskan rumah atau menikmati libur di tempatnya masing-masing. Imbauan itu disampaikan untuk mengantisipasi persebaran Covid-19 selama libur panjang.

Saksikan video menarik berikut ini:


Libur Panjang, Gubernur Ridwan Kamil Koordinasi dengan TNI-Polri