Pemkot Madiun Targetkan Kunjungan 5.000 Wisatawan Per Hari

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pemkot Madiun Targetkan Kunjungan 5.000 Wisatawan Per Hari


JawaPos.com–Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur, menargetkan kunjungan wisatawan sebanyak 5 ribu orang per hari. Hal itu seiring dengan upaya pembangunan sejumlah destinasi wisata belanja dan kuliner di wilayah tersebut.

”Kota Madiun dikelilingi sembilan kabupaten dengan jumlah total penduduknya mencapai 8 juta. Dari angka itu kita targetkan rata-rata lima ribu pengunjung setiap hari datang ke Kota Madiun,” kata Wali Kota Maidi seperti dilansir dari Antara di Madiun, Rabu (30/9).

Selama satu tahun terakhir, lanjut Maidi, pihaknya telah berbenah dan membangun sejumlah lokasi yang akan menjadi ikon wisata dalam rangka mendongkrak potensi wisata dan ekonomi Kota Madiun. Di antaranya, Pahlawan Street Centre (PSC), Taman Sumber Umis, Jalur Sepeda Wisata, Agrowisata Ngrowo Bening, sentra kuliner Rimba Darma, Tugu Pendekar, Sunday Market Taman Lalu Lintas Bantaran Kali Madiun, dan banyak lagi lainnya.

”Keberadaan sejumlah tempat tersebut tentu bukan hanya memberikan manfaat wisata. Namun, juga menjadi sarana pemacu bergeraknya ekonomi daerah,” ujar Maidi.

Menurut dia, target tersebut cukup realistis. Sebab, itu baru dihitung dari daerah sekitar. Padahal, wali kota optimismis banyak warga daerah lain yang juga tertarik datang berunjung ke Kota Madiun.

”Kita juga terus berbenah di titik-titik yang lain. Artinya, mereka yang datang, nantinya tidak hanya menikmati satu destinasi,” terang Maidi.

Terlebih fasilitas penunjang terus dilengkapi. Kota Madiun juga memiliki bus wisata. Bus tersebut juga melewati rute sepeda wisata. Hanya, penumpangnya tidak boleh turun di tempat destinasi yang dilewati rute sepeda. Mereka hanya turun di titik berangkat. Yakni, depan Balai Kota. Artinya, naik bus wisata hanya untuk melihat destinasi yang disuguhkan.

”Skema-skema tersebut terus kita siapkan dari sekarang. Agar setelah Covid-19 selesai, keran kita buka, sehingga kunjungan ke Kota Madiun meningkat,” ujar Maidi.

Wali Kota Maidi mengajak masyarakat untuk bersiap dari sekarang. Dia ingin warga Kota Madiun tak hanya jadi penonton. Namun, harus terlibat dan menguasai pasar di kota sendiri. ”Mereka yang memiliki produk unggulan agar disiapkan. Kedatangan wisatawan nanti merupakan pangsa pasar strategis,” kata Maidi.

Saksikan video menarik berikut ini:


Pemkot Madiun Targetkan Kunjungan 5.000 Wisatawan Per Hari