Disdikpora Jogjakarta Belum Izinkan Pembelajaran Tatap Muka

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Disdikpora Jogjakarta Belum Izinkan Pembelajaran Tatap Muka


JawaPos.com–Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Jogjakarta menegaskan belum mengizinkan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dengan tatap muka di sekolah. Sebab, mempertimbangkan situasi penularan Covid-19 di Jogjakarta.

”Sampai sekarang belum berani. Statusnya masih belum memungkinkan belajar tatap muka di sekolah,” kata Kepala Disdikpora Jogjakarta Didik Wardaya seperti dilansir dari Antara di Jogjakarta, Rabu (30/9).

Didik memastikan, hingga saat ini belum ada institusi pendidikan khususnya SMA, SMK, serta SLB di Jogjakarta yang menggelar pembelajaran tatap muka. Kontrol terhadap kegiatan di SMA/SMK/SLB baik negeri maupun swasta terus dilakukan melalui masing-masing kepala sekolah di lima kabupaten/kota.

Khusus untuk SMK, lanjut dia, kegiatan praktik dengan tatap muka diperbolehkan dengan catatan jumlah peserta dibatasi dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Apalagi jika kegiatan praktik dilakukan di dalam ruangan.

”Untuk SMK kemarin kami buat dengan sistem blok. Artinya teori-teori di depan, tetapi yang sudah saatnya praktik bisa dilakukan dengan catatan dibatasi jumlah pesertanya,” terang Didik.

Sedangkan siswa SMA diperkenankan sesekali melakukan konsultasi materi pelajaran dengan guru di sekolah apabila mengalami kesulitan. ”Kalau kesulitan bisa membuat janji dengan gurunya dan itu pun harus membawa surat izin dari orang tua,” ujar Didik.

Selama belum ada kegiatan belajar mengajar, Didik memastikan, hingga saa ini belum ada kasus klaster penularan Covid-19 di sekolah, khususnya di bawah Disdikpora Jogjakarta yakni mulai dari SMA, SMK, serta SLB.

Terkait kegiatan belajar mengajar di SD hingga SMP, menurut dia, menjadi kewenangan pemerintah kabupaten/kota. ”Kalau madrasah dan pesantren kewenangan ada di kementerian agama,” terang Didik.

Saksikan video menarik berikut ini:


Disdikpora Jogjakarta Belum Izinkan Pembelajaran Tatap Muka