Satu Rumah dengan Pasien Covid-19, Mengapa Bisa Tak Tertular?  

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Satu Rumah dengan Pasien Covid-19, Mengapa Bisa Tak Tertular?  


JawaPos.com – Sejumlah kasus Covid-19 di masyarakat menunjukkan peta yang cukup unik, terutama dalam klaster keluarga. Misalnya, meskipun salah satu anggota keluarga terinfeksi Covid-19, tapi belum tentu anggota keluarga lainnya ikut terinfeksi.

Artinya, sekalipun seseorang satu rumah bersama pasien Covid-19, ternyata tidak serta merta seluruh keluarga ikut tertular. Ada istri yang tertular, tetapi suaminya tak tertular. Ada 3 anggota keluarga tertular, tapi anggota lainnya tak tertular. Mengapa bisa demikian?

Dekan Fakuktas Kedokteran Universitas Indonesia Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB menjelaskan ada beberapa faktor yang memicu terjadinya penularan. Sedikitnya ada 3 faktor yakni daya tahan tubuh, jumlah virus, dan lingkungan.

“Ada contoh klaster keluarga, di mana anak perempuannya tertular lalu kena ke bapaknya. Gejalanya sama batuk pilek. Tapi ternyata ibunya enggak kena. Lalu anak laki-lakinya tertular juga, tapi tanpa gejala,” ujarnya secara daring, Kamis malam (8/10).

“Atau ada seseorang yang tak mengalami gejala demam dan batuk tetapi hanya hilang indera penciuman atau bau. Ternyata baru diketahui dia terinfeksi,” tambahnya.

Maka tentu untuk memastikannya adalah dengan tes PCR atau swab jika ada satu anggota keluarga yang tertular. Kemudian, jika seseorang memiliki 3 faktor tadi dengan kuat, maka orang tersebut bisa saja tak tertular meskipun satu rumah dengan pasien Covid-19.

“Terkait seseorang terinfeksi Covid-19 ada 3 hal yaitu daya tahan tubuh, jumlah virus, dan lingkungan. Okelah di dalam rumah ada yang terpapar virus, tapi kenapa enggak kena? Mungkin anggota keluarga itu daya tahan tubuhnya kuat, atau tetap jaga jarak. Bahkan ada suami istri, tapi istrinya saja yang tertular atau suaminya saja,” ungkapnya.

“Maka kesimpulannya, penyakit ini memang punya daya tular tinggi tapi tak 100 persen saat kontak langsung kena,” tegasnya.


Satu Rumah dengan Pasien Covid-19, Mengapa Bisa Tak Tertular?