BPBD: Jumlah Warga Terdampak Banjir Banjarmasin Sudah 100 Ribu Orang

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

BPBD: Jumlah Warga Terdampak Banjir Banjarmasin Sudah 100 Ribu Orang


JawaPos.com–Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, merilis data terbaru warga yang terdampak banjir sejak 14–20 Januari. Selama tujuh hari, total sebanyak 100 ribu orang warga terdampak bencana itu.

Dari keterangan BPBD Kota Banjarmasin yang diakses melalui  laman resmi daring Pemerintah Kota Banjarmasin disebutkan, ada 25 kelurahan yang terdampak banjir cukup dalam. Terbanyak di Banjarmasin Timur, yakni, sebanyak sembilan kelurahan terdampak banjir.

Di Banjarmasin Timur jumlah warga terdampak banjir sekitar 45 ribu jiwa atau sekitar 15 ribu kepala keluarga (KK). Bahkan sebanyak 1.585 KK atau 3.701 jiwa harus mengungsi ke tempat yang lebih aman. Ketinggian genangan air di wilayah Banjarmasin Timur itu antara 50 cm hingga 1,2 meter.

Hingga kini tidak ada laporan adanya korban jiwa musibah banjir di Kota Banjarmasin. Namun, catatan korban terdampak banjir terus bertambah. Kota Banjarmasin sudah menetapkan status tanggap darurat bencana banjir sejak 15 Januari lalu. Posko dan dapur umum dipusatkan di kecamatan yang wilayahnya terendam banjir.

Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Rikwanto mempersilakan korban banjir mengambil makan di posko dan dapur umum yang didirikan Polri di beberapa lokasi terdampak banjir. ”Polda dan seluruh polres hingga polsek telah mendirikan posko dan dapur umum untuk menyediakan makan bagi warga korban banjir,” kata Rikwanto seperti dilansir dari Antara di Banjarmasin.

Kapolda juga memerintahkan anggotanya sigap mendata warga terdampak banjir. Terutama mereka yang masih bertahan di rumah. Sehingga, penyaluran bantuan, termasuk makanan sehari-hari, dapat diantarkan ke rumah yang bersangkutan.

”Pelayanan dan bantuan bagi warga terdampak banjir akan terus berlangsung hingga bencana usai,” ujar Rikwanto.

Bantuan juga berdatangan dari sejumlah polda di Indonesia yang turut berempati atas korban banjir besar yang melanda Kalimantan Selatan pada awal 2021 ini.

Sebelumnya, pesawat Polri telah mendistribusikan bantuan dari Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), Bhayangkari, dan Yayasan Kemala Bhayangkari (YKB) ke Kalimantan Selatan bagi korban banjir.

Saksikan video menarik berikut ini:


BPBD: Jumlah Warga Terdampak Banjir Banjarmasin Sudah 100 Ribu Orang