Pengunjung Candi Borobudur pada 2020 Turun Drastis akibat Covid-19

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pengunjung Candi Borobudur pada 2020 Turun Drastis akibat Covid-19


JawaPos.com–Jumlah pengunjung Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada 2020 turun drastis dibanding 2019. Hal itu akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

General Manager Taman Wisata Candi Borobudur I Gusti Putu Ngurah Sedana seperti dilansir dari Antara di Magelang mengatakan, jumlah pengunjung pada 2019 mencapai 4,39 juta orang, sedangkan pada 2020 hanya dikunjungi 996 ribu orang.
Dia menjelaskan, dari 996 ribu pengunjung tersebut, sebanyak 31 ribu di antaranya merupakan wisatawan mancanegara, sedangkan sisanya wisatawan nusantara.

”Selama pandemi Covid-19 ini memang penurunan pengunjung sangat terasa dibandingkan tahun sebelumnya,” terang I Gusti Putu Ngurah Sedana.

Putu menuturkan, akibat pandemi, Taman Wisata Candi Borobudur sempat ditutup sekitar empat bulan. Pada awal dibuka kembali 25 Juni 2020, secara perlahan ada kenaikan kuota yang diberikan dan sampai sekarang kuota yang diberikan sebanyak 4.000 pengunjung per hari.

Dia berharap pada 2021, ada kenaikan jumlah pengunjung Candi Borobudur seiring dengan vaksinasi Covid-19 yang diberikan kepada masyarakat.

”Mudah-mudahan setelah vaksin diberikan ke seluruh masyarakat Indonesia, kemungkinan pada awal-awal belum kelihatan. Mungkin pertengahan 2021, insya Allah pengunjung bisa normal kembali,” kata I Gusti Putu Ngurah Sedana.

Dia menyampaikan pada 2021, Kementerian PUPR akan melebarkan jalan utama dari pintu utama menuju halaman Candi Borobudur. Selain itu, akan dilakukan pembenahan gerbang utama serta akan ada atraksi-atraksi menarik yang telah disiapkan.

Saksikan video menarik berikut ini:


Pengunjung Candi Borobudur pada 2020 Turun Drastis akibat Covid-19