Warga Minta Harimau di Langkat Ditranslokasi

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Warga Minta Harimau di Langkat Ditranslokasi


JawaPos.com–Warga Desa Lau Damak, Kabupaten Langkat, meminta Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara segera melakukan translokasi harimau Sumatera. Sebab, harimau di daerah itu sering memangsa ternak lembu milik penduduk.

”Terkait permohonan masyarakat untuk translokasi harimau Sumatera merupakan pilihan terakhir dan perlu kajian mendalam dari para pakar,” kata Humas BBKSDA Sumut Andoko Hidayat seperti dilansir dari Antara di Medan.

Kepala Desa Lau Damak dan Camat Bahorok akan menyampaikan surat permohonan translokasi satwa tersebut ke BBKSDA Sumut.
”Dalam musyawarah di Balai Desa Lau Damak yang dihadiri 40 orang warga, kepala desa, staf camat, babinsa, babin kamtibmas,TNGL, BBKSDA Sumut, KPH, Yahua, dan WCS, masyarakat menuntut dilakukan translokasi harimau Sumatera itu,” ujar Andoko Hidayat.

Andoko menjelaskan, penanganan sementara konflik harimau Sumatera di Dusun Selayang, Desa Laudamak, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat dengan melakukan patroli penjagaan.

Sebelumnya, Rabu (6/1) lembu milik Zainuddin dan Yani warga Dusun VII Desa Timbang Lawan, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, dimangsa harimau, di areal kebun kelapa sawit milik Narudin Sembiring, warga Dusun Selayang, Desa Lau Damak, Kecamatan Bahorok.

BBKSDA Sumatera Utara, lanjut Andoko Hidayat, telah memasang empat unit kamera trap untuk memantau harimau Sumatera di Desa Lau Damak, Kabupaten Langkat. ”Kita memasang kamera itu, untuk dapat mengetahui harimau yang selama ini sering memangsa ternak lembu di desa tersebut,” kata Andoko Hidayat.

Dia menjelaskan, peralatan kamera trap yang dipasang di Desa Lau Damak milik YAHUA. ”Penanganan harimau itu dilakukan BBKSDA Sumut bekerja sama dengan BBTNGL, KPH Wilayah I Stabat, WCS, dan YAHUA,” ujar Andoko.

Saksikan video menarik berikut ini:


Warga Minta Harimau di Langkat Ditranslokasi